Trending
Man Jasad, Kenang dan Kembangkan Warisan Budaya Leluhur

Man Jasad, Kenang dan Kembangkan Warisan Budaya Leluhur

Sabtu, 23 Maret 2019 19:53 Didit Fauzi Tradisi



Koropak.co.id - Seniman Sunda asal Bandung yang juga merupakan personel Karinding Attack, Man Jasad berharap Tatar Galuh dapat terus menciptakan value-value yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat.

Mieling Ngadegna Galuh, kata Man Jasad, diharapkan dapat terus dilaksanakan setiap tahun, sebab acara tersebut menjadi ajang untuk mengenang dan mengingat kembali apa yang telah diwariskan leluhur, serta mengembangkannya untuk kehidupan bermasyarakat saat ini.

Demikian disampaikan Man Jasad saat dijumpai Koropak di acara Mieling Ngadegna Galuh 1407 di Pendopo Selagangga, Sabtu (23/3/2019).

 

Koropak.co.id - Man Jasad  Kenang dan Kembangkan Warisan Budaya Leluhur (2)

 

Baca : Kitapak Bogor Kenalkan Alat Musik Sunda Buhun

Lihat : Panggung Raksa Budaya Situ Gede Tasikmalaya

 

"Harapan saya, Tatar Galuh bisa memberikan kontribusi positif terhadap kehidupan melalui value lokalitas yang ada di sini," tutur Man Jasad yang juga menampilkan seni musik Karinding di acara Mieling Ngadegna Galuh.

Ditanya soal Karinding yang terus digelutinya saat ini, Man Jasad berharap ke depan fungsi Karinding sebagai alat musik asli Sunda dengan lokalitas yang begitu tinggi, bisa menyebar luas, tidak hanya di tanah Sunda, namun meluas hingga ke penjuru dunia.

"Diharapkan ke depan semakin banyak kawula muda yang tergerak untuk mau memainkan Karinding dan alat musik bambu lainnya, sehingga kreativitas dan inovasi mereka, bisa menjadikan sesuatu karya yang kreatif, inovatif, dan menarik untuk disajikan," ucapnya.*

 

Baca : Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh

Baca : Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

 

Berita Terkait