Trending
Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia

Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia

Sabtu, 23 Maret 2019 21:53 Eris Kuswara Tradisi



Koropak.co.id - Galuh ada dalam semua catatan sejarah dunia. Oleh karena itu, alangkah sayangnya jika masyarakat yang ada di dalam teritorialnya tidak belajar memahami, bahkan tidak mengenal Galuh.

Demikian disampaikan seniman sekaligus Dosen Universitas Pasundan Bandung, Budi Dalton saat dijumpai Koropak dalam acara "Mieling Ngadegna Galuh 1407" di Padepokan Selagangga Ciamis, Sabtu (23/3/2019).

"Tidak ada sedikitpun sejarah di dunia yang tidak menyebutkan Galuh, mau itu Eropa atau Yunani, nama Galuh selalu ada. Hal itu kemungkinan dikarenakan kebudayaan Galuh besar," ucap Budi.

Kebudayaan besar, kata Budi, ada kehidupan. Kemudian, kehidupan muncul apabila ada kesuburan. Lantas, kesuburan muncul apabila ada gunung berapi.

"Wilayah kita merupakan wilayah dengan gunung berapi terbanyak. Maka tidak heran banyak unsur kehidupan di dalamnya, yang tentunya akan sejalan dengan banyaknya budaya," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia (2)

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh Spirit Melestarikan Sejarah

 

Budi berkeyakinan, ke depan ada kesempatan besar eksistensi Galuh muncul kembali. Mengingat kegiatan "Mieling Ngadegna Galuh 1407" menyiratkan pesan untuk senantiasa melestarikan budaya Galuh.

Bahkan, acara-acara kebudayaan menjadi inspirasi positif para kawula muda, mengingat melalui kegiatan kebudayaan, dapat menggugah kembali spirit jiwa kenusantaraan di kawula muda. Para kawula muda tergugah untuk mengetahui lagi sejarah-sejarah kerajaan.

"Namun, banyak orangtua terdahulu yang meningalkan riwayat adat istiadat dan budaya dengan basic data yang kurang. Hal itu membuat bahan ajar budaya dari orangtua minim sehingga turut mengurangi ketertarikan generasi saat ini untuk mengguar sejarah. Oleh sebab itu, melalui acara 'Mieling Ngadegna Galuh' yang menjadi momentum munculnya lagi para orangtua terdahulu, kita bisa mencari dan menggali data valid perihal sejarah Kerajaan Galuh," ujar Budi.

 

Koropak.co.id - Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia (3)

 

Baca : Kembalikan Nama Ciamis Jadi Galuh

 

Perihal sejarah Galuh, Budi bercerita, ada dampak sisa pemahaman era Hindia Belanda mengenai kerajaan yang feodal. Namun, jika ditarik ke belakang, Galuh merupakan sebuah "karatuan" yang mengayomi masyarakat di sekitar Galuh, untuk mengelola tanahnya secara bersama dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

"Oleh sebab itu kita hilangkan pola pikir bahwa kerajaan itu feodal, karena Galuh ini bukan kerajaan. Jika dalam tatanan lama disebut Karatuan, puseur yang akan membantu mengelola dalam tata laksana negaranya," katanya.*

 

Baca : Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

Berita Terkait