Trending
Sarapala Meriahkan Mieling Ngadegna Galuh

Sarapala Meriahkan Mieling Ngadegna Galuh

Minggu, 24 Maret 2019 16:06 Dede Hadiyana Tradisi



Koropak.co.id - Sarapala turut memeriahkan acara Mieling Ngadegna Galuh 1407 dengan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai dari kirab budaya, serta berbagai prosesi lain yang dipusatkan di Pendopo Selagangga Ciamis, Sabtu (23/3/2019).

Sesepuh Sarapala, Abah Tapa Umbara menuturkan rombongan kirab dari Sarapala berjumlah delapan orang, lengkap dengan busana adat dan gondewa sebagai ciri khas Sarapala.

Dijelaskan Abah Tapa, dalam kirab budaya tersebut, rombongan Sarapala ada di barisan belakang bersama para tokoh budayawan, dan pegiat seni lain.

"Kirab dipimpin dengan iringan-iringan kuda, diikuti rombongan Raja Galuh, Raden H.R Hanif Radinal beserta para pemangku adat dan budayawan se-Kabupaten Ciamis," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Sarapala Meriahkan Mieling Ngadegna Galuh (3)

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah

Beragam seni budaya khas Ciamis ditampilkan tersebut, meliputi Bebegig Baladewa Sukamantri, Wayang Landung, hingga pencak silat dan karinding.

"Sepanjang perjalanan, rombongan kirab budaya berhasil mencuri perhatian warga. Para warga tampak antusias menyaksikan kirab dan berlomba mengabadikan rombongan," katanya.

Ditanya soal perkembangan Galuh, Abah Tapa enggan banyak berkomentar, mengingat perkembangan Galuh sudah diketahui secara bersama-sama, dan masing-masing memiliki pandangan berbeda.

"Perihal Galuh kiwari, Abah mah no komen. Abah mah bukan pemerhati sejarah. Namun Abah yakin, semua juga mengetahui perkembangannya, dan harus bagaimana menjaganya. Sekarang Abah mah fokus pada Sarapala, tentang bagaimana upaya Abah membina dan membimbing anggota, khususnya generasi milenial guna mempersiapkan mental mereka dalam menghadapi masa depan," ucapnya.*

 

Baca : Kembalikan Nama Ciamis Jadi Galuh

 

Berita Terkait