Trending
Generasi Milenial Harus Mengenal Sejarah Galuh

Generasi Milenial Harus Mengenal Sejarah Galuh

Senin, 25 Maret 2019 16:01 Didit Fauzi Tradisi



Koropak.co.id - Generasi milenial yang ada di Tatar Galuh diharapkan dapat memiliki spirit dan ketertarikan untuk mengenal sejarah Galuh dan kemudian menggalinya, sebagai upaya untuk memperkaya wawasannya, sehingga histori Galuh tidak berhenti, namun terus lestari.

Demikian disampaikan Satsrawan Nasional, Godi Suwarna saat dijumpai Koropak dalam kegiatan "Mieling Ngadegna Galuh 1407" yang digelar di Pendopo Selagangga, Sabtu (23/3/2019).

"Kegiatan Mieling Ngadegna Galuh ini merupakan kegiatan pertama dan sangat bagus. Kegiatan ini menjadi ajang untuk menggali, memperkenalkan, dan menyebarluaskan sejarah dan kebudayaan Tatar Galuh," katanya.

 

Koropak.co.id - Generasi Milenial Harus Mengenal Sejarah Galuh (2)

 

Baca : Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia


Ke depan, kata Godi, diharapkan dalam peringatan "Mieling Ngadegna Galuh" dapat lebih melibatkan para pelajar, agar para pelajar dapat lebih mengetahui sejarah Galuh sebagai upaya regenerasi untuk melestarikan sejarah dan kebudayaan Galuh.

"Wilujeng Mieling Ngadegna Galuh anu ka 1407. Geuning Galuh teh parantos panjang natar lalakon. Numawi ka payun, piraku kateteran. Mugia Galuh langkung luhur nanjung," ucap Godi.

 

 

Koropak.co.id - Generasi Milenial Harus Mengenal Sejarah Galuh (3)

 

Baca : Man Jasad, Kenang dan Kembangkan Warisan Budaya Leluhur


Godi juga mengharapkan para pemangku adat, khususnya seniman dan budayawan di Galuh dapat lebih banyak menggali kearifan lokal, baik itu seni budaya, maupun sejarah tentang kegaluhan, sebab tidak dapat dimungkiri, sejarah menyatakan bahwa Tatar Galuh telah mewarnai kebudayaan Sunda.

"Ini perlu ada upaya penggalian dan pelestarian lebih lanjut. Termasuk salah satu contohnya melestarikan Bebegig Sukamantri. Dibawa ke manapun, bebegig tetap dihormati. Semoga ke depan ada kesempatan menampilkan bebegig di luar negeri. Saya pribadi yakin, bebegig menjadi ikon seni yang sangat kuat bagi Tatar Galuh," tutur Godi.*

 

Baca : Seni Bebegig Sukamantri Kian Dikenal Luas

Berita Terkait