Trending
Nikmati Baca Buku di Perpustakaan Tertinggi Dunia

Nikmati Baca Buku di Perpustakaan Tertinggi Dunia

Minggu, 31 Maret 2019 15:18 Paramudita Nafisa destinasi



Koropak.co.id - Berita baik bagi para penggemar buku, pasalnya kini Indonesia memiliki gedung Perpustakaan Nasional tertinggi di dunia. Perpustakaan yang memiliki tinggi hingga 126,3 meter tersebut berada di Jalan Medan Merdeka Nomor 11 Jakarta Pusat. Ditambah lagi turut memiliki koleksi jutaan buku, jurnal, e-book serta berbagai karya referensi lainnya yang bisa diakses baik online maupun secara langsung.

Pertama kali memasuki area Perpusnas, pengunjung akan menemukan rumah bergaya Batavia yang di dalamnya terdapat ruangan berisi referensi sejarah perpustakaan dan perjalanan literasi termasuk juga dengan penggunaan kertas dan tinta pada zaman dahulu. Gedung yang diresmikan oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo pada 2017 lalu ini memajang rak buku setinggi 4 lantai dan bisa dilihat pada saat pengunjung memasuki lobby lantai 1. Di lantai 2 terdapat pusat informasi, layanan keanggotaan dan loker untuk menitipkan tas.

 

 Koropak.co.id - Nikmati Baca Buku di Perpustakaan Tertinggi Dunia (2)

 


Bagi pengunjung muslim juga jangan khawatir, karena gedung ini juga memiliki fasilitas mushola di lantai 6 serta layanan khusus untuk anak-anak, lansia dan disabilitas di lantai 7. Sebagian besar pengunjung Perpusnas ini menjadikan lantai 24 sebagai primadonanya karena memuat layanan koleksi budaya Nusantara termasuk beberapa alat musik tradisional serta sebuah eksekutif Lounge.

Dengan duduk di Lounge, pengunjung juga bisa merasakan sensasi membaca buku ditemani pemandangan gedung-gedung di pusat kota Jakarta serta pemandangan Monumen Nasional di balik jendela. Hal yang lebih menarik lagi, ternyata lantai 24 ini juga dilengkapi balkon yang bisa digunakan untuk membaca atau berfoto dari ketinggian.

 

Baca : Dukung Dinas Perpustakaan Cerdaskan Anak Bangsa

 

  Koropak.co.id - Nikmati Baca Buku di Perpustakaan Tertinggi Dunia (3)

 

Pengunjung asal Karawang, Amalia mengatakan Perpustakan Nasional ini penting sekali untuk menambah wawasan pembacanya terutama mengenai masalah kebudayaan Indonesia. Bahkan di dalamnya juga terdapat museum berbagai macam hal seperti asal mulanya aksara dan lainnya.

"Dibangunnya gedung Perpusnas baru ini juga diharapkan akan bisa menarik minat baca masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial. Selain museum dan perpustakaan, disini juga bisa dijadikan tempat ajang diskusi kelompok mengenai masalah apapun, bahkan disini ada auditoriumnya juga. Worth it juga buat yang hobi fotografi, karena pemandangannya bagus terutama di lantai 24," kata Amalia yang baru pertama kali mengunjungi Perpusnas.

 

Baca : Purwakarta Segera Miliki Perpustakaan Zaman Now

 

  Koropak.co.id - Nikmati Baca Buku di Perpustakaan Tertinggi Dunia (4)

 

Baca : Gerakan Gemar Membaca Dorong Kemajuan Perpustakaan

 

Hal senada diucapkan Risma, Pengunjung Perpusnas asal Jakarta. Menurutnya, Perpusnas ini sangat penting sekali untuk meningkatkan minat baca generasi muda zaman sekarang yang kebanyakan hanya fokus pada gadget atau smartphonenya masing-masing.

"Penting juga buat generasi sekarang yang fokusnya hanya ke gadget aja. Jadi bukan cuma browsing di internet dan google aja, karena kita juga bisa mencari semua hal penting lainnya di Perpusnas ini," tutur Risma.*

 

Baca : Museum Nabi Muhammad Bakal Ada di Indonesia