Trending
Mumbai, Markas Raksasa Industri Film Bollywood

Mumbai, Markas Raksasa Industri Film Bollywood

Senin, 15 April 2019 14:03 Rizal Amirullah destinasi


 

Koropak.co.id - Mumbai merupakan salah satu wilayah terpadat penduduknya di India. Sebagai kota metropolitan, Mumbai pun mendapat julukan "Dynamic City", kota yang senantiasa bergerak dinamis. Koropak berkesempatan mengunjungi salah satu kota terkenal di India itu.

Sebagian besar penduduk Mumbai menganut agama Hindu. Bahkan, hampir di setiap sudut kota terdapat kuil, dengan kuil besarnya bernama Siddhi Vinayak dan Mahalakshmi. Aktivitas beribadah di kuil pun mewarnai kehidupan masyarakat setempat.

 

Koropak.co.id - Mumbai, Markas Raksasa Industri Film Bollywood (2)

 

Saat bercengkrama bersama Amit, pemuda asli India, Koropak menemukan sebuah fakta bahwa sebelum berganti menjadi Mumbai, nama kota tersebut asalnya bernama Bombay. Berdasarkan sejarah, nama Mumbai sendiri memiliki makna yang lebih agamis.

"Pergantian nama itu juga berdasarkan tuntutan kelompok penduduk asli Mahasashtra, yang akhirnya pada tahun 1995 kota Bombay resmi ganti nama menjadi Mumbai," katanya.

Hal yang sangat menarik dari Mumbai adalah berbatasan dengan Gujarat, yaitu daerah yang disebut-sebut dalam sejarah islam di Indonesia, karena tercatat dalam sejarah, para pedagang di perbatasan Mumbai dan Gujarat membawa agama islam masuk ke Indonesia. Baik Mumbai maupun Gujarat, kedua kota tersebut dikenal sebagai kota para pebisnis di India. Bahkan, ketika itu Mumbai memiliki pelabuhan terbesar di laut Arab.

 

Koropak.co.id - Mumbai, Markas Raksasa Industri Film Bollywood (3)

 

Baca : Menelisik Singapura dan Ragam Budaya Penduduknya

Jika Anda berkunjung ke Mumbai, ada beberapa tempat yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni Mani Bhavan, yaitu tempat Mahatma Gandhi hidup dan bekerja di Bombay pada tahun 1917 hingga 1934. Destinasi kedua adalah Zaveri Baazar dan Colaba. Tempat ketiga adalah Gaterway to India, yang merupakan bangunan untuk memperingati kunjungan King George V dan Queen Mary yang dibuat pada tahun 1911.

Tempat terakhir adalah Chatrapati Shivaji Terminus, yaitu statsiun kereta yang dibangun pada tahun 1887 oleh Anglo Indian architecture. Jangan sampai lupa pula, di Mumbai perusahaan film terbesar di India, Bollywood bermarkas.*

 

Baca : Kerajaan Tonga, Berdiri Sejak 3000 Tahun Silam

 

Berita Terkait