Trending
Catat, Lomba Baca Puisi Se-Jabar Segera Digelar

Catat, Lomba Baca Puisi Se-Jabar Segera Digelar

Senin, 15 April 2019 17:08 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Sanggar Sastra Tasik (SST) segera melaksanakan Lomba Baca Puisi Se-Jawa Barat yang akan dilangsungkan di Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, Jalan Pembela Tanah Air Nomor 177 Gunung Roay Kota Tasikmalaya, pada 19-21 April 2019.

Dijumpai Koropak, Senin (15/4/2019), Ketua Pelaksana Saeful Badar mengatakan lomba yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation tersebut terbuka untuk umum usia minimal 17 tahun. Bagi peserta yang berminat bergabung, bisa mendaftarkan diri, dan akan mendapatkan antologi puisi khusus yang telah disediakan oleh panitia.

"Jadi setelah mendaftarkan diri, para peserta akan mendapatkan antologi puisi yang sudah disediakan oleh panitia, dan terangkum dalam antologi puisi yang berjudul 'Jalan Mangin Kota Tasik'. Bagi peserta yang lolos ke final harus memilih lagi puisi yang ada pada antalogi," ujarnya.

Ditambahkan Saeful, buku antologi tersebut akan dibagikan pada saat technical meeting, Jumat (19/4/2019). Sementara itu, kumpulan puisi dalam antologi tersebut ditulis oleh beberapa penyair Nasional, dan penyair Tasikmalaya. Tercatat ada sekitar 17 judul puisi dari 17 penyair dalam buku tersebut yang bisa dipilih oleh peserta.

Para penyair yang termaktub dalam antologi tersebut mencakup Amang S. Hidayat (Tinta Merah Darah), Saeful Badar (Jalan Mangin Kota Tasik), Rendra (Mancuria), Acep Zamzam Noor (Kau Pun Tahu), Sutardji Calzoum Bachri (Daging), Irvan Mulyadi (Pesan Damai di Hari Jumat), Sarabunis Mubarok (Sungai Penyair), Yusran Arifin (Memasuki Badai), Jun Nizami (Melankolia), dan Taufiq Ismail (Beri Daku Sumba). Selain itu ada juga puisi yang ditulis oleh Saini KM (Di Padang Arafah), Soni Farid Maulana (Sebuah Potret Dunia Ketiga), Nina Minareli (Syair Perjalanan), Chairil Anwar (Derai-Derai Cemara), Goenawan Mohamad (Aungsan Suu Ky), Eriyandi Budiman (Ucapkan Salam Sebelum Ketuk Pintu), serta Kidung Purnama (Esok Mentari Bersinar Lagi).

"Jadi banyak puisi yang dapat dipilih oleh peserta karena kita melibatkan beberapa penyair Nasional dan Tasikmalaya," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Catat, Lomba Baca Puisi Se-Jabar Segera Digelar (3)

 

Baca : Ngaos Art Juarai Musikalisasi Puisi

 

Tidak itu saja, lomba puisi juga akan dinilai oleh juri yang sudah kompeten di bidangnya, seperti Eriyandi Budiman (Bandung), Wage Tegoeh Wijono (Purwokerto), dan Soni Farid Maulana (Ciamis). Bahkan bukan hanya sekedar lomba puisi, kegiatan akan dimeriahkan karnaval, serta melukis bareng bersama para pelukis Tasikmalaya yang tergabung dalam Komunitas Perupa Tasikmalaya, meliputi Acep Zamzam Noor, Iwan Koeswanna, Hj. Rukmini Yusuf, Lucky Lukita, Ade Darlin, Yadie Mafie, dan lainnya.

"Sehubungan dengan situasi yang masih sangat kental politis, karena digelar berselang tiga hari pasca Pemilu 2019, Lomba Baca Puisi kali ini tidak dimeriahkan oleh Karnaval Budaya. Akan tetapi, kelompok Beluk dan Karinding serta Musikalisasi Puisi direncanakan akan mengisi acara Panggung Seni di puncak acara Lomba Baca Puisi. Akan dimeriahkan pula Prof. Cece, salah seorang guru besar di Unper, serta beberapa perupa lainnya," kata Badar.

 

 Koropak.co.id - Catat, Lomba Baca Puisi Se-Jabar Segera Digelar (4)

 

Baca : Musikalisasi Puisi Sajikan Kenikmatan Seni dan Budaya

Bagi yang berminat untuk menjajal kemampuan membaca indah di bidang puisi, pendaftaran Lomba Baca Puisi, terbuka kesempatan dan dapat mendaftarkan diri ke beberapa loket pendaftaran yang telah disediakan panitia.

Untuk di wilayah Tasikmalaya, pendaftaran bisa dilakukan di Sanggar Sastra Tasik di Jalan Argasari Nomor 18, dan di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya Jalan Dadaha Kota Tasikmalaya dengan CP. Arif Fatur 081394969698. Kampus Unper Tasikmalaya Jalan Peta 177 Gunung Roay Kota Tasikmalaya CP Fauzi 082216723376. Komunitas Azan Kompleks Ponpes Cipasung Singaparna CP. Choer Afandi dan Eki Naufal Fauzi 089651290627.

Untuk daerah Cirebon, pendaftaran bisa dilakukan di Husain Ali Harian Umum Radar Cirebon CP. 87728986632, Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin CP. Syarif 087837259026. Untuk wilayah Ciamis bisa dilakukan di SMAN 1 Ciamis CP. Kidung Purnama 081320797616. Sedangkan untuk wilayah Bandung di Kampus UIN Sunan Gunung Jati CP. Rizky Aulia Nugraha 087834572786 dan Syaiful Gifari 083891749075.

"Lomba baca puisi ini memperebutkan piala bergilir SST, piala tetap untuk juara 1-3, piagam penghargaan, uang pembinaan dan bingkisan menarik," ujarnya.*

 

Baca : Musikalisasi Puisi Harapan Lahirkan Komposer Andal

 

Berita Terkait