Trending
Oman, Negeri Nabi Ayub AS Bersemayam

Oman, Negeri Nabi Ayub AS Bersemayam

Rabu, 17 April 2019 10:22 Rizal Amirullah destinasi



Koropak.co.id - Setelah berkeliling ke tempat-tempat menarik di berbagai belahan dunia, kali ini Koropak berkesempatan mengunjungi Oman, negara yang berbatasan dengan Uni Emirat Arab (UEA) di barat-laut, Arab Saudi di barat, dan Yaman di barat-daya.

Sejak dahulu, penduduk Oman sudah sering melakukan perdagangan sebagai mata pencaharian utama, dengan barang utama yang dijual adalah copper atau tembaga. Turut dijualbelikan pula unta, sebagai alat transportasi ke Mesopotania atau Tigris dan Euphrates. Oman pernah mengalami sejarah kelam. Ketika Vasco da Gama memimpin Portugis menguasai Oman dan sempat mendirikan Benteng Jalali dan Merani pada abad ke-16. Sekarang benteng itu menjadi museum dan saksi sejarah yang masih berdiri kokoh.

 

Koropak.co.id - Oman, Negeri Nabi Ayub AS Bersemayam (1)

 


Koropak berkesempatan berdialog dengan penduduk setempat asli Oman, Ismail. Dia menjelaskan di kota Salalah Barat terdapat dua tempat penting dan bersejarah, yakni makam Nabi Ayub AS, dan mata air Ain Thowarah. Ditanya soal tingkat kecukupan sandang dan pangan, Ismail menjelaskan untuk supply bahan makanan sebagian besar didatangkan dari luar oman.

"Oman berkembang, dan mengalami kemajuan pesat setelah dipimpin oleh Raja Sultan Qaboos yang memerintah sejak tahun 1970an," kata Ismail.

 

Baca : Mumbai, Markas Raksasa Industri Film Bollywood

 

Koropak.co.id - Oman, Negeri Nabi Ayub AS Bersemayam (2)

 

Baca : Kerajaan Tonga Berdiri Sejak 3.000 Tahun Silam

 

Satu tempat yang membuat Koropak tertarik untuk menelusurinya adalah pasar tertua di Oman yaitu Pasar Mutrah Souq. Banyak pedagang minyak wangi, perhiasan dari perak dan tembaga, serta barang-barang lainnya yang lazim dijumpai di pasar pada umumnya.

Ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di Oman. Ada masjid besar Sultan Qaboos, serta sistem irigasi Queen Sheba yang merupakan tempat bersejarah yang berdiri sejak 500 tahun sebelum masehi. Sistem irigasi tersebut merupakan saluran air bawah tanah pertama di Oman.*

 

Baca : Tips Berlibur Keluar Negeri Saat Dolar As Naik

 

 

Berita Terkait