Trending
Pasanggiri Tari Jaipong Pertandingkan 12 Grup

Pasanggiri Tari Jaipong Pertandingkan 12 Grup

Senin, 22 April 2019 15:18 Eris Kuswara Mice



Koropak.co.id - Sebagai langkah dalam melestarikan seni tari Sunda, Plaza Asia Tasikmalaya yang beralamat di Jalan HZ Mustofa Nomor 326 Kota Tasikmalaya kembali menggelar Pasanggiri Tari Jaipong, Minggu (21/4/2019). Bertempat di Lower Ground Floor Plaza Asia, lomba diikuti sebanyak 12 grup tari jaipong se-Priangan Timur.

Kepada Koropak, Ketua Pelaksana sekaligus Staff Promotion & Event Plaza Asia Tasikmalaya, Effry A. Yusuf mengatakan, Pasanggiri Tari Jaipong digelar sebagai bentuk kepedulian dari Plaza Asia dalam melestarikan sekaligus memperkenalkan seni tari Sunda.  "Antusias penonton luar biasa. Peserta juga beragam, mulai dari mahasiswa hingga berbagai sanggar tari jaipong baik dari Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya," kata Effry.

 

Koropak.co.id - Pasanggiri Tari Jaipong Pertandingkan 12 Grup (2)

 

Baca : Plaza Asia Siap Gelar Pasanggiri Tari Jaipong

Ditambahkan Effry, dalam Pasanggiri tari Jaipong diambil 7 pemenang meliputi 3 juara utama, 3 juara harapan dan 1 juara favorit dengan masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa trofi piala, voucher belanja, voucher TeeJay Waterpark dan bingkisan dari sponsor.

"Untuk kriteria penilaian dari lomba ini meliputi Wiraga yakni teknik gerak, Wirasa yakni penghayatan, Wirahma yakni harmonisasi gerak dengan musik, penguasaan panggung, make up dan kostum. Setelah melakukan penilaian, maka dihasilkan juara pertama diraih grup Dewi Citra dari Kota Tasikmalaya, juara kedua diraih grup Mustika Rangga dari Kota Tasikmalaya dan juara ketiga diraih grup Kencana Rangga dari Kota Tasikmalaya," ucapnya.

Effry berharap seni tari jaipong bisa tetap eksis dan dinikmati oleh semua kalangan terutama generasi milenial saat ini yang bisa menekuni seni tari jaipong. Ke depannya Plaza Asia akan menggelar kembali Pasanggiri Tari Jaipong dengan kategori perorangan seiring dengan banyaknya permintaan dari peserta.*

 

Baca : Asia Model dan Dance Competition Meriah

 

Berita Terkait