Trending
Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic Segera Digelar

Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic Segera Digelar

Kamis, 25 April 2019 18:50 Dedi Sofwan Mice



Koropak.co.id - Dunia mengetahui bahwa Garut dikenal sebagai kota dodol. Ya, manisan dari gula kelapa ini memang menjadi buah tangan utama dari Garut. Salah satu produsen Garut yang terkenal dan menjadi ikon dodol Garut adalah Picnic.

Dodol yang diproduksi PT. Herlinah Cipta Pratama itu melegenda dalam produksi kudapan khas Garut. Namun, yang akan dibahas di sini bukanlah tentang dodol, melainkan ajang Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic yang digelar PT. Herlinah Cipta Pratama untuk segenap masyarakat Garut.

Ajang yang akan dilangsungkan di Pabrik Dodol Picnic, Jalan Pasundan Nomor 102 Garut, pada Sabtu (27/4/2019) itu memperebutkan total hadiah Rp 15 juta, plus trophy dan piagam penghargaan. Guna menjaring kandidat juara yang benar-benar kompeten di bidang tarik suara, penyelenggara mengundang pencipta lagu Dodol Picnic, Anting Irawan.

Dijumpai Koropak di Pabrik Dodol Picnic, Kamis (25/4/2019), Direktur Utama PT. Herlinah Cipta Pratama, H. Ato Hermanto menuturkan lagu Dodol Picnic mengusung konsep lagu etnik Sunda guna mempertegas kearifan lokalnya.

"Lagu Dodol Picnic merupakan ciptaan Kang Anting Irawan, komposer lagu Sunda asli Garut. Melalui lagu Dodol Picnic, menjadi upaya kami dalam ngamumule budaya Sunda, sekaligus menegaskan bahwa ingat Garut selalu ingat Dodol Picnic," katanya.

Melalui Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic, kata H. Ato, juga menjadi sumbangsih Dodol Picnic dalam mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan seni Sunda, khususnya yang berasal dari Garut. Selepas Lomba Nyanyi Lagu Dodol, H. Ato berencana untuk menggelar even yang berbasis kearifan lokal, terlebih di Garut begitu banyak seniman Sunda yang akan menjadi sebuah gagasan cemerlang untuk diajak kerjasama dalam upaya memajukan kesenian Sunda asli Garut.

 

Koropak.co.id - Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic Segera Digelar (2)

 

Baca : Malam Puncak Duta Pelajar Industri Kreatif Garut

Sementara itu, Pencipta lagu Dodol Picnic, Anting Irawan menuturkan lagu Dodol Picnic bermula pada saat pertemuannya dengan H. Ato di sebuah acara kebudayaan Garut pada lima tahun ke belakang. Dalam pertemuannya, H. Ato memintanya untuk membuatkan lagu Dodol Picnic.

"Saat itu ketemu Pak H. Ato, dan beliau membisikan kepada saya untuk coba membuat lagu Dodol Picnic. Satu minggu saya garap, dan saya ajukan, ternyata beliau cocok," katanya.

Lomba Nyanyi Lagu Dodol Picnic kali ini, kata Anting, merupakan kali kedua digelar setelah digelar pada 2012. Kala itu, digelar Festival Pop Sunda dengan sponsor Dodol Picnic. Disisipkanlah lagu Dodol Picnic sebagai lagu wajib bagi para peserta.

"Nah, di ajang kali ini, lagu Dodol Picnic secara khusus kami lombakan. Ajang ini terbuka bagi remaja putra dan putri, serta dewasa putra. Saat ini tercatat sudah ada 41 peserta yang bergabung. Melalui event ini, kami juga ingin melihat sejauh mana semangat generasi muda merespons musik Sunda di tengah derasnya masuk musik-musik asing," ucap Anting yang juga Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) Kabupaten Garut.*

 

Baca : Garut Harapkan Miliki Stasiun Kereta Api