Trending
Pentingnya Ilmu Navigasi Darat Bagi Pendaki

Pentingnya Ilmu Navigasi Darat Bagi Pendaki

Sabtu, 27 April 2019 20:41 Dede Hadiyana TravelTips


 

Koropak.co.id - Teknik Navigasi Darat merupakan salah satu teknik yang wajib dikuasai oleh seorang pendaki atau secara umumnya para penggiat alam bebas jika tidak ingin disebut sebagai follower saja dalam sebuah tim pendakian.

Selain navigasi, terdapat banyak teknik lainnya yang juga harus dikuasai dalam pendakian gunung atau beraktivitas di alam bebas seperti managemen pendakian, managemen logistik, survival, dan lainnya.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (27/4/2019) Kepala Suku komunitas Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) Alan Jungle mengatakan, navigasi darat ini adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kemampuan untuk menentukan posisi dan arah perjalanan.

"Jadi, dalam sebuah perjalanan atau pandakian teknik navigasi ini sudah diterapkan mulai dari menentukan titik awal perjalanan, titik akhir atau tujuan perjalanan, dan arah perjalanan itu sendiri. Dan yang digunakan disini ilmu navigasi darat gunung hutan," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Pentingnya Ilmu Navigasi Darat Bagi Pendaki (3)

 

Baca : Rappelling, Hobi Adrenalin Menyenangkan

Navigasi darat juga, lanjut Alan, sangat bermanfaat dan pasti digunakan pada kegiatan Search And Rascue (SAR) atau dalam sering digunakan juga untuk keperluan olahraga seperti orientering.

"Untuk itu, ilmu navigasi ini sangat penting dan wajib dikuasai oleh seorang pendaki atau yang memiliki hobi berpetualang di alam bebas. Keberadaan seorang pendaki yang memiliki keahlian navigasi juga mempunyai peranan yang sangat krusial dalam sebuah tim pendakian," kata Alan.

Diharapkan, dengan semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, banyaknya postingan atau materi ilmu navigasi di internet. Namun, memang cukup sulit dalam prakteknya jika tidak didampingi oleh orang yang sudah menguasai ilmu tersebut.

"Semoga para pendaki zaman sekarang tidak hanya menjadi follower saja, akan tetapi mau belajar dan menguasai berbagai ilmu pendakian termasuk navigasi darat karena hal tersebut adalah syarat mutlak," ucapnya.*

 

Baca : Resiko Dan Bahaya Pendakian Di Musim hujan

Berita Terkait