Trending
Lebaran dan 10 Tradisi Unik di Tasikmalaya

Lebaran dan 10 Tradisi Unik di Tasikmalaya

Rabu, 05 Juni 2019 17:30 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Hari Raya Idulfitri selalu identik dengan berbagai hal yang menyenangkan, tradisi ini juga telah melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari silaturahmi dan juga berbagai panganan khas Lebaran sudah menjadi pemandangan wajib yang sering kita temui setiap kali momen Lebaran tiba. Berikut beberapa tradisi Lebaran yang masih terus berlangsung di Indonesia.

1. Mudik
Darah perantau begitu melekat dengan bangsa Indonesia, banyak sekali orang yang meninggalkan kampung halaman dan mengais rezeki di kampung orang. Bahkan hal ini juga telah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu, di mana momen Lebaran sudah menjadi sebuah waktu berharga bagi para perantau untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

2. Halal Bi Halal
Halal Bi Halal merupakan sebuah tradisi yang telah dilakukan sejak lama sekali, dimana orang-orang akan saling mengunjungi dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar, teman-teman, kerabat, tetangga dan lainnya.

3. Takbir keliling
Lebaran juga akan selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan tiba setelah melakukan puasa selama sebulan penuh. Pada momen ini kita akan melihat bagaimana kebersamaan masyarakat yang tetap terjaga dengan baik. Mereka akan turun ke jalan dan merayakannya dengan takbir keliling, baik menggunakan kendaraan maupun sekedar berjalan kaki beramai-ramai.

 

 Koropak.co.id - Lebaran dan 10 Tradisi Unik di Tasikmalaya (2)

 


4. Menabuh Bedug
Kumandang takbir tentunha akan selalu diiringi juga dengan tabuhan bedug yang menggema di sepanjang jalan. Tabuhan bedug tersebut akan menambah suasana haru dan gembira. Suara takbir akan terdengar mulai dari malam takbiran hingga pagi di hari Lebaran. Selain itu, bukan hanya satu atau dua bedug saja yang ditabuh, namun hampir disetiap jalan-jalan dan juga Masjid akan menabuhnya dengan diiringi gema takbir sebagai tanda hari kemenangan telah tiba.

5. Ketupat
Lebaran dan ketupat sudah menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Panganan khas lebaran ini biasanya akan disajikan bersama opor, rendang, semur, kerupuk udang dan beberapa jenis tambahan makanan lainnya. Meskipun terbilang memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pada setiap daerah di Indonesia, namun ketupat juga telah menjadi sebuah panganan wajib yang selalu disajikan ketika perayaan Lebaran.

6. Tunjangan Hari Raya (THR)
Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya di Hari Raya. Jumlahnya juga akan disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Diketahui sejumlah uang yang diberikan tersebut memiliki makna sebagai hadiah atau pemberian istimewa pada momen yang istimewa seperti Hari Lebaran.

7. Baju baru
Tradisi menggunakan baju baru pada saat Lebaran juga ternyata sudah menjadi salah satu tradisi yang begitu lekat dan selalu dijalankan oleh banyak orang khususnya di Indonesia. Meskipun hanya sebagai simbol atau sebuah kebiasaan saja, tetapi hal ini juga hampir selalu identik sekali dengan perayaan Lebaran pada setiap tahunnya.

 

 Koropak.co.id - Lebaran dan 10 Tradisi Unik di Tasikmalaya (3)

 

8. Ziarah ke makam
Nyekar atau ziarah juga sudah menjadi hal yanh wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di Hari Lebaran. Biasanya tradisi ini dilakukan setelah shalat Idul Fitri atau di pagi hari Lebaran pertama tiba. Orang-orang akan mendatangi pemakaman dan memanjatkan doa bagi keluarga dan juga kerabat yang telah meninggal dunia.

9. Rekreasi
Liburan panjang lebaran juga tentunya tidak akan lengkap apabila tidak dilalui tanpa sejumlah agenda rekreasi, terutama pada saat pulang ke kampung halaman. Rekreasi juga sudah menjadi salah satu hal yang paling ditunggu, karena pada momen lebaran itu kita akan memiliki kesempatan yang baik untuk bepergian bersama anggota keluarga lainnya yang juga berkumpul bersama.

10. Petasan
Tradisi menyalakan petasan pada saat hari lebaran memang dinilai berbahaya, karena secara resmi penggunaan petasan sendiri telah dilarang oleh pemerintah. Namun, petasan di Hari Lebaran juga telah menjadi sebuah tradisi yang sulit dihilangkan, karena petasan juga sudah menjadi warna tersendiri di hari Lebaran.*

 

Baca : Begini Gebrakan Bupati Ade Nyeleneh Mengasikan

 

Berita Terkait