Trending
Pantai Sayang Heulang Garut kini Bebas Premanisme

Pantai Sayang Heulang Garut kini Bebas Premanisme

Jum'at, 07 Juni 2019 23:58 Dedi Sofwan destinasi



Koropak.co.id - Kawasan wisata Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut menjadi salah satu tujuan wisatawan saat libur lebaran tiba.  Terlihat dari pantuan Koropak, H+2 libur lebaran terlihat ribuan wisatawan berbondong bondong mengunjungi Pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Sayang Heulang selain ingin melihat pemandangan pantai yang cukup indah, faktor lainya adalah kenyamanan wisatawan juga cukup terjamin.

Saat dijumpai Koropak Kamis (6/6/2019), Kepala UPT Sayang Heulang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Ateng Jamaludin menuturkan saat ini pihaknya menjamin sudah tidak ada lagi yang namanya parkir liar, premanisme ataupun banyaknya pengamen yang suka mengganggu kenyamanan para wisatawan.

"Karena kenyamanan wisatawan menjadi prioritas utama kami. Adapun langkah yang kami lakukan adalah dengan merangkul para pelaku parkir liar, hingga para preman lalu diberdayakan dalam satu wadah yakni Bala Bantuan Kecelakaan Tempat Wisata (Balawista)," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pantai Sayang Heulang Garut kini Bebas Premanisme

 

Baca : Kampung Dukuh Menyimpan Sejuta Cerita


Saat ini, kata Ateng, ada 24 orang anggota Balawista dan hampir semuanya mantan preman yang saat ini kesehariannya membantu menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

Diakui Ateng, tidak mudah untuk merangkul dan memberdayakan mantan preman tersebut.

"Dengan pendekatan secara kekeluargaan, diajak bicara dari hati ke hati dan diberi pemahaman tentang manfaat atau hasil yang akan didapat apabila kita bisa melayani para wisatawan dengan ramah, Alhamdulillah akhirnya para mantan preman-preman tersebut bisa menerimanya," tuturnya.

 

Baca : Pesona Eksotisme Taman Wisata Talaga Bodas

 

Dikatakan Ateng, ada permasalahan yang timbul akibat dibentuknya relawan Balawista, yaitu sumber dana untuk upah para Balawista tersebut.

"Oleh sebab itu, kami melakukan koordinasi dengan para anggota Balawista dan warga sekitar Pantai Sayang Heulang. Hingga akhirnya disepakati untuk membuat cinderamata yang nantinya untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Cenderamata itu bisa menjadi sumber penghasilan para Balawista dan diharapkan menjadi kenang-kenangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sayang Heulang," katanya.*

 

Lihat : Nikmati Panorama Alam Pegunungan di Hotel Santika Garut

 

 

Berita Terkait