Trending
HUT Ciamis, Bupati Nyekar ke Astana Gede Kawali

HUT Ciamis, Bupati Nyekar ke Astana Gede Kawali

Senin, 10 Juni 2019 19:41 Rizal Amirullah Tradisi


 

Koropak.co.id - Memperingati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya berserta rombongan mengadakan acara nyekar ke situs Astana Gede Kawali, Senin (10/6/2019).

Astana Gede Kawali menjadi tempat nyekar terakhir, dari rangkaian kegiatan nyekar ke tempat lainnya seperti Taman Makam Pahlawan, dan Situs Jambansari.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menuturkan Astana Gede Kawali menjadi salah satu destinasi wisata religi di Ciamis yang sangat potensial untuk terus dikembangkan.

"Kami sangat mendukung perkembangan wisata sejarah, agar Sunda dengan segala aspeknya bisa lestari dan lebih eksis lagi," ucap Bupati.

 

Koropak.co.id - HUT Ciamis, Bupati Nyekar ke Astana Gede Kawali (2)

 

Baca : Wisata Religi Astana Gede Kawali

Sementara itu, Budayawan Aip menuturkan hubungan antara Astana Gede Kawali dengan histori Kabupaten Ciamis adalah keberadaan situs sejarah Astana Gede Kawali yang merupakan area pusat pemerintahan pertama di Ciamis.

"Kala itu rajanya adalah Prabu Wastu Kencana, raja yang dikenal sangat adil dan bijaksana. Menurut sejarah, ada dua prasasti yang ditulis dalam bahasa sunda kuno yang berisi nasehat atau wangsit, yang dibuat pada tahun 1371 Masehi," katanya.

Ditambahkan Aip, wangsit yang dituliskan di dua prasasti tersebut, menjadi inspirasi dalam melaksanakan pemerintahan di Kabupaten Ciamis.*

 

Baca : Inilah Saksi Bisu Sejarah 3 Zaman