Trending
Waduk Jatigede, Pesona Wisata Baru di Sumedang

Waduk Jatigede, Pesona Wisata Baru di Sumedang

Selasa, 11 Juni 2019 16:17 Dede Hadiyana destinasi


 

Koropak.co.id - Jelmaan waduk Jatigede Sumedang sekarang telah menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia bahkan tingkat Asia Tenggara. Bendungan Jatigede ini tidak hanya sebagai pasokan air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan irigasi untuk mengairi kawasan pesawah saja, akan tetapi kawasan tersebut dimanfaatkan sebagai lokasi objek wisata.

Terdapat beberapa spot wisata alam yang berada di sekeliling waduk Jatigede yang menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah dengan tempat lain seperti wisata air dengan memancing serta mengarungi bendungan menggunakan perahu. Dan berikut beberapa lokasi wisata yang tersebar disekitaran waduk Jatigede Sumedang.

1. Wana Wisata Tanjung Duriat
Wisata yang satu ini berlokasi di pesisir barat laut waduk Jatigede. Dari lokasi ini, wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan bendungan tersebut dari atas bukit yang mengarah ke bendungan atau Tanjung yang dibangun oleh Perum Perhutani Sumedang dan dalam pengelolaannya bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Pajagan.

Ciri khas tempat wisata yang satu ini yakni papan penanda atau Signboard Tanjung Duriat dengan ikon berbentuk logo cinta atau Love yang biasa dijadikan swafoto berlatarbelakang hamparan air yang luas. Selain itu, terdapat fasilitas Camping Ground, warung kuliner serta fasilitas penunjang lainnya seperti musholla, area parkir, dan toilet.

 

 

Koropak.co.id - Waduk Jatigede Berikan Pesona Wisata Baru di Sumedang

 

Baca : Pantai Sayang Heulang Garut Kini Bebas Premanisme

2. Wisata Alam Puncak Damar
Spot wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Puncak Damar Deaa Paku Alam di sebelah barat laut kawasan waduk Jatigede. Sama seperti wisata Tanjung Duriat, Kawasan wisata ini juga dikembangkan oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. Sementara pengelolaannya bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paku Alam Desa Paku Alam.

Wisata Puncak Damar juga menyajikan keindahan alam pegunungan di wilayah Puncak Damar beserta hamparan air di bendungan Jatigede dengan berbagai fasilitas yang dapat digunakan pengunjung yakni lesehan dibeberapa shelter, gazebo, camping ground, out bound, serta tempat bermain anak-anak. Tidak ketinggalan, musholla, toilet dan lahan parkir yang cukup luas tersedia di lokasi ini.

 

3. Pesona Jati Gede (PJG)
Terletak di Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, salah satu tempat wisata di Bendungan Jatigede ini tidak kalah menariknya dengan lokasi lain dengan menyajikan suasana alam sekitar berupa rerumpunan pohon bambu.

Terdapat fasilitas yang memanjakan wisatawan yang berkunjung seperti perahu untuk mengarungi serta memancing di kawasan tersebut. Ada pula fasilitas untuk menguji adrenalin seperti minicross, ATV, serta kuda tunggang. Bahkan tersedia juga kuliner di Pesona JG dan wahana karaoke bagi pengunjung.

Selain dari ketiga lokasi wisata tadi, ada beberapa lokasi wisata lainnya yang wajib disambangi ketika berkunjung ke bendungan Jatigede Sumedang, diantaranya Wisata Pasir Tugaran, Pulau Cipondoh Cinangsi, Wisata Panenjoan, Wisata Tegal Jarong, Kampung Buricak Burinong, Wisata Curug Mas.*

 

Baca pula : Pesona Eksotis Taman Wisata Talaga Bodas