Trending
Halalbihalal, Kreasi Budaya Sejak Bung Karno

Halalbihalal, Kreasi Budaya Sejak Bung Karno

Jum'at, 14 Juni 2019 19:04 Eris Kuswara Tradisi



Koropak.co.id - Tradisi halalbihalal dengan saling mengucapkan "minal aidin wal faidzin" merupakan sebuah tradisi yang hanya ada di Indonesia. Tradisi Halalbihalal ini pertama kali datang dari kreasi Presiden RI pertama, Ir Soekarno dan KH. Wahab Chasbulloh. Diketahui, budaya ini tidak ada di belahan dunia manapun selain di tanah air.

Dikutip dari Kompasiana, Jumat (14/6/2019) tradisi yang satu ini memang tidak pernah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW secara syar'i namun secara prinsip. Islam juga mengajarkan kepada setiap umatnya untuk bisa saling memaafkan diantara saudara seagama maupun sesama manusia.

Ir. Soekarno berhasil meramu suatu kreasi budaya satu ini yang seterusnya menjadi sebuah tradisi yang baik bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Konon Bung Karno sendiri terinspirasi oleh timbulnya perpecahan politik diantara elit di masa 3 tahun pasca kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

Koropak.co.id - Halalbihalal, Kreasi Budaya Sejak Bung Karno (2)

 

Baca : Halalbihalal, Momentum Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Melihat kondisi yang bisa mengancam disintegrasi bangsa itulah yang membuat Bung Karno berinisiatif untuk menyatukan para elit dengan suatu konsep yang lebih dari sekedar pertemuan biasa. Sebenarnya dalam Islam juga sudah ada konsep silaturahmi, namun Bung Karno menginginkan suatu istilah yang baru, maka lahirlah sebutan halalbihalal yang kita kenal sampai saat ini.

Pada momem Idul Fitri menjadi waktu yang tepat untuk bisa kita jadikan sebagai perangkat atau alat khususnya bagi umat Islam agar bisa saling memaafkan satu sama lain meskipun perbedaan pandangan atau pendapat tidak bisa terhindarkan.*

 

Baca : Momentum Halalbihalal Dimanfaatkan untuk Deklarasi

 

Berita Terkait