Trending
Gretac Sosialisasikan Penanganan Gigitan Ular

Gretac Sosialisasikan Penanganan Gigitan Ular

Senin, 17 Juni 2019 20:51 Dede Hadiyana Komunitas



Koropak.co.id - Para pecinta hewan reptil di Kota Tasikmalaya tidak hanya sekedar memelihara hewan reptil, akan tetapi ada yang membudidayakan karena populasi hewan berdarah dingin tersebut hampir punah. Pecinta hewan reptil juga harus mengetahui dasar-dasar antisipasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti digigit ular berbisa.

Hal itu disampaikan Ketua Galunggung Reptile Community (Gretac) Enjang Arjun saat menyosialisasikan Snakebite atau cara penanganan yang baik dan benar terhadap serangan atau gigitan hewan reptil yang berbisa yang digelar oleh Gretac di Alun-alun Kota Tasikmalaya, Minggu (16/6/2019).

"Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar bagaimana masyarakat mengetahui cara penangan apabila digigit ular berbisa. Sebelumnya memang kita setiap hari Minggu sering bersosialisasi. Untuk sekarang sedikit berbeda karena sosialisasi ini bersama dokter ahli penanganan racun ular dari Surabaya, Dokter Tri Maharani," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Gretac Sosialisasikan Penanganan Gigitan Ular (1)


Hari ini, lanjut Endang, Dokter Tri sedang menangani pasien pasien korban serangan ular King Cobra yang sedang dirawat di RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. Mengetahui banyaknya pecinta reptil di Kota Santri ini, pihaknya pun senang untuk bergabung serta memberikan arahan dan materi tentang penanganan tersebut.

"Ilmu yang disampaikan beliau ini memang bisa dikatakan pertolongan pertama ketika kita mendapatkan serangan atau digigit ular berbisa sebelum ditangani oleh dokter atau medis yang lebih ahli," katanya.

 

Koropak.co.id - Gretac Sosialisasikan Penanganan Gigitan Ular (2)

 

Baca : Gretac Ciptakan Keseimbangan Ekosistem

 

Selain Gretac, banyak komunitas pecinta reptil lainnya yang ikut serta dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Terlebih, respon dari warga masyarakat Kota Tasikmalaya sendiri sangat antusias.

"Banyak masyarakat yang ingin tau cara penanganan dari serangan ular berbisa yang baik dan benar. Karena selain harus menyelamatkan manusia, ular itu sendiri pun harus diselamatkan," ucapnya.*

 

Baca pula : Edukasi Anak Tentang Alam dan Lingkungan