Trending
Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis

Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis

Selasa, 25 Juni 2019 14:38 Clara Aditia Tradisi



Koropak.co.id - Warga Ciamis dihebohkan dengan kehadiran sejumlah Bebegig yang mengepung Alun-Alun Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019). Kehadiran Bebegig tersebut guna memeriahkan Helaran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival dalam rangka HUT ke-377 Kabupaten Ciamis.

Di podium, hadir sejumlah petinggi daerah, yakni Bupati Ciamis DR. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, serta sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis.

Parade kebudayaan asli Ciamis dimulai dengan rombongan Marching Band Gema Galuh yang merupakan grup marching band putra daerah asli Ciamis yang sudah pentas di kancah nasional, bahkan pernah meraih Juara 2 kategori Street Parade di ajang Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) 2017 yang digelar di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri Kota Serang, Banten Jawa Barat pada Oktober 2017.

 

Koropak.co.id - Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis (2)

 

Baca : Seni Bebegig Sukamantri Kian Dikenal Luas

 

Di belakang Marching Band Gema Galuh, ada kesenian Wayang Landung yang merupakan kesenian asli dari Kampung Pabuaran, Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamsi. Wayang Landung sendiri diciptakan oleh budayawan Ciamis, Pandu Radea.

Selanjutnya ada helaran Pontrangan dari Kampung Adat Salawe, Cimaragas Ciamis. Pontrangan adalah wadah untuk mengantarkan makanan dalam tradisi misalin yang terbuat dari anyaman daun kawung. Dalam helaran tersebut, Pontrangan dikreasikan menjadi sebuah Bebegig yang dibuat dari anyaman daun kelapa.

Usai Pontrangan, ada kesenian Mengmleng Winduraja yang merupakan kesenian sisingaan yang biasa ditampilkan dalam acara khitanan. Kini kesenian Mengmleng dikreasikan dengan wujud Bebegig setinggi 2 meter, dengan tetap mempertahankan bentuk kepalanya sebagai ciri khas Mengmleng yang turun temurun sejak Pangeran Mahadikusumah di zaman Maharaja Sakti.

 

Koropak.co.id - Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis (3)

 

Baca : Generasi Milenial Harus Mengenal Sejarah Galuh

 

Tidak mau ketinggalan, di barisan helaran selanjutnya ada Mabokuy dari Kecamatan Rajadesa. Sesuai namanya, Mabokuy merupakan pementasan seni tradisional kolaborasi antara Marawis dan Bebegig yang terbuat daru Boboko dan Dudukuy, yakni sejenis bakul yang terbuat dari anyaman bambu.

Di belakang Mabokuy, ada Bebegig Sawah dari Desa Linggapura Kecamatan Kawali. Bebegig tersebut berbahan tangkai gabah padi, yang dikreasikan dengan ijuk dan daun kelapa hingga tercipta sebuah Bebegig yang filosofisnya sebagai pengusir hama burung saat padi menguning di sawah.

Iring-iringan selanjutnya, ada kesenian Barongan dari Kecamatan Purwadadi. Kesenian Barongan menampilkan tari-tarian dari Bebegig yang menampilkan karakter singa putih yang melegenda.

 

Koropak.co.id - Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis (4)

 

Baca : Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia

 

Helaran kesenian asli Ciamis ditutup dengan penampilan Bebegig Baladewa Sukamantri yang sudah terkenal hingga kancah internasional. Bahkan, kesenian yang menampilkan Bebegig yang terbuat dari kulit kayu dan dihias oleh bubuay. Konon, Bebegig tersebut diciptakan untuk menakut-nakuti orang-orang yang berniat jahat terhadap wilayah Karanggantungan Sukamantri.

Di tahun 2019, Bebegig Sukamantri ini telah diakui secara nasional dan internasional sebagai warisan budaya tak berwujud, yang menjadikan sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Ciamis, khususnya warga Kecamatan Sukamantri.

Di belakang Bebegig Sukamantri, masih terdapat helaran yang menampilkan kesenian dari luar daerah. Tercatat ada Sapi Gumarang dari Kabupaten Bandung Barat, Kebo Ngamuk dari Kabupaten Indramayu, Egrang Milenial dari Karawang, Badawang dari Garut, Drum Tong dari Kota Banjar, dan kesenian Genye dari Purwakarta.*

 

Lihat : Seni Golok Kearifan Lokal Melegenda 

 

Berita Terkait