Trending
Heboh! Ada Kebo Ngamuk di Rangkaian Hari Jadi Ciamis

Heboh! Ada Kebo Ngamuk di Rangkaian Hari Jadi Ciamis

Selasa, 25 Juni 2019 17:40 Clara Aditia Tradisi



Koropak.co.id - Rangkaian Hari Jadi Ciamis ke-377 melalui Pameran Kebudayaan dan Galuh Ethnic Carnival yang digelar di Alun-Alun Ciamis, Jawa Barat Selasa (25/6/2019) berlangsung meriah. Sejumlah kesenian asli Ciamis unjuk gigi di hadapan sejumlah petinggi daerah.

Di podium, hadir Bupati Ciamis DR. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, serta sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis.

Helaran diawali dengan berbagai kesenian asli Ciamis, mulai dari Marching Band Gema Galuh, disusul iring-iringan Wayang Landung Panjalu, Pontrangan Cimaragas, Mengmleng Winduraja, Mabokuy Rajadesa, Bebegig Sawah Kawali, Barongan Purwadadi, dan ditutup Bebegig Baladewa Sukamantri.

Tidak hanya itu, masyarakat Ciamis kembali dibuat heboh dengan kehadiran sejumlah kesenian tradisional khas daerah tetangga. Tercatat ada kesenian Sapi Gumarang dari Kabupaten Bandung Barat, Kebo Ngamuk dari Kabupaten Indramayu, Egrang Milenial dari Karawang, Badawang dari Garut, Drum Tong dari Kota Banjar, dan kesenian Genye dari Purwakarta.

 

Koropak.co.id - Heboh! Ada Kebo Ngamuk di Rangkaian Hari Jadi Ciamis (2)

1. Sapi Gumarang - Kabupaten Bandung Barat
Kesenian Sapi Gumarang merupakan kesenian asli Kabupaten Bandung Barat yang menampilkan tari-tarian barongsai berbentuk sapi dengan iring-iringan puluhan penari cantik.

 

2. Kebo Ngamuk - Kabupaten Indramayu
Di ajang Galuh Ethnic Carnival tampil kesenian Kebo Ngamuk dari Kabupaten Indramayu, yang mementaskan atraksi dari replika kebo atau kerbau, yang mengamuk di kerumunan warga.

 

Baca : Spirit Lestarikan Budaya di Hari Jadi Ciamis

 

Koropak.co.id - Heboh! Ada Kebo Ngamuk di Rangkaian Hari Jadi Ciamis (3)

3. Egrang Milenial - Karawang
Iring-iringan di helaran budaya Ciamis turut diramaikan dengan kesenian Egrang Milenial dari Karawang. Konon, kesenian yang menampilkan atraksi orang yang naik ke jangkungan atau galah ini digunakan untuk mengintip musuh di zaman penjajahan Belanda.

 

4. Badawang - Garut
Dari Garut, tampil kesenian Badawang yang tak luput dari applause warga Ciamis. Kesenian Badawang menampilkan karakter mirip ondel-ondel, hanya yang membedakan Badawang dibuat dari ijuk atau serabut pohon aren.

 

Baca : Galuh Ethnic Carnival, Panorama Budaya Potensial Asal Ciamis

 

Koropak.co.id - Heboh! Ada Kebo Ngamuk di Rangkaian Hari Jadi Ciamis (4)

5. Drum Tong - Kota Banjar
Satu kesenian unik yang turut meramaikan Galuh Ethnic Carnival adalah helaran Drum Tong dari Kota Banjar. Drum Tong menampilkan sejumlah anggota linmas yang memukul kentungan. Kesenian ini beranjak dari tradisi linmas yang menjadikan kentungan sebagai media pemberitahuan saat berjaga malam.

 

6. Genye - Purwakarta
Rombongan helaran seni dari luar kota ditutup dengan Kesenian Genye dari Purwakarta. Genye merupakan singkatan dari Gerakan Nyere, yang menampilkan tarian dari penampil yang menggunakan ornamen nyere atau sapu lidi yang menjadi ciri khas dari Purwakarta.*

 

Lihat : Galuh Nantung Ajeg Ti Bihari ka Kiwari

 

Berita Terkait