Trending
Wisata ke Dieng, Nikmati Sensasi Berlibur di Gunung Es

Wisata ke Dieng, Nikmati Sensasi Berlibur di Gunung Es

Jum'at, 28 Juni 2019 17:05 Dede Hadiyana destinasi



Koropak.co.id - Secara klimatologis, puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2019. Kondisi ini menyebabkan udara semakin dingin, dan uap air atau embun menjadi beku. Hal ini pula yang terjadi di kawasan Dieng Banjarnegara Jawa Tengah.

Namun, bagi sebagian travellers, justru perubahan cuaca ini menjadi kesempatan untuk menikmati sensasi musim salju yang tidak pernah dijumpai di negara beriklim tropis seperti Indonesia selama ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa datang ke kawasan Dieng di periode Juli hingga Agustus 2019.

Kepala Pelaksana Teknis UPT Dieng Aryadi Darwanto menuturkan fenomena embun es di Dieng tersebut menjadi magnet yang luar biasa bagi wisatawan. Terbukti jumlah kunjungan wisata ke kawasan Dieng meningkat hingga 35 persen dibandingkan pada tahun 2018 lalu.

"Suhu udara di Dieng selama sepekan terakhir memang sudah turun ke suhu di bawah nol derajat Celcius. Pengunjung asal Jakarta sangat tertarik untuk melihat embun es Dieng atau yang biasa disebut Bun Upas oleh warga lokal. Bun Upas ini menjadi daya tarik pengunjung dari luar daerah karena rasa penasaran menikmati sensasi dinginnya," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Wisata ke Dieng, Nikmati Sensasi Berlibur di Gunung Es (4)

 

Baca : Kawasan Wisata Dieng Hadirkan Apliksi Barcode

Dengan adanya fenomena embun es tersebut, warga Indonesia tak perlu lagi jauh-jauh untuk terbang sampai ke luar negeri demi merasakan dinginnya musim salju, cukup berlibur ke kawasan Dieng dan berpuaskan bermain es di hamparan savana kawasan Dieng.

Hanya saja, sebelum berlibur ke kawasan Dieng, dikarenakan cuacanya ekstrim, diimbau untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apalagi jika Anda hendak membawa serta keluarga. Bekal jaket tebal, sarung tangan, dan syal untuk menghangatkan tubuh. Jika perlu, siapkan pula cokelat cair panas yang diyakini cepat mengembalikan suhu tubuh saat dingin ekstrim.*

 

Baca : Suhu Dingin Dirasakan di Beberapa Daerah di Indonesia

 

Berita Terkait