Trending
Seni, Tradisi dan Teknologi Harus Saling Berdampingan

Seni, Tradisi dan Teknologi Harus Saling Berdampingan

Sabtu, 29 Juni 2019 21:42 Erni Nur'aeni Mice


 

Koropak.co.id - Salah seorang dewan juri dalam ajang Pasanggiri Rampak Jaipong yang digelar di Yogya HZ Tasikmalaya, Jalan HZ Mustofa Nomor 124 Yudanegara Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (29/6/2019), Veeri Virgiansyah, S.Sn mengapresiasi kegiatan yang turut menggandeng Universitas Perjuangan Tasikmalaya itu.

Veeri mengatakan kegiatan tersebut sangat baik sebagai upaya melestarikan tari jaipong yang merupakan kesenian khas Sunda agar tidak sirna ditelan zaman.

"Antusias peserta yang cukup tinggi membuktikan masih banyak anak-anak yang peduli terhadap seni tradisional agar tidak tergerus oleh zaman," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Seni, Tradisi dan Teknologi Harus Saling Berdampingan (1)

 

Baca : Yogya HZ Tasikmalaya Siap Gelar Lomba Tari Jaipong


Untuk membuat anak cinta akan tradisi lokal, kata Veeri, harus dimulai dari dorongan orang tua, lingkungan yang mendukung, serta ada wadah yang memfasilitasi, sehingga anak dapat memilih kesenian yang diinginkannya, baik dari seni tari, teater, musik atau lainnya.

"Melalui perlombaan, mereka dapat berekspresi karena kesenian juga perlu ruang untuk diekspresikan. Dari sisi manfaat fisik, seni tari sangat penting guna melatih kemampuan motorik anak," katanya.

Ditambahkan Veeri, para penggiat seni tradisional harus mengikuti perkembangan zaman, seperti mengkreasikan seni dengan pembaruan budaya terkini, tanpa menghilangkan esensi ketradisionalannya.

 

Koropak.co.id - Seni, Tradisi dan Teknologi Harus Saling Berdampingan (2)

 

Baca : Rangga Setra Borong Piala di Pasanggiri Rampak Jaipong

"Intinya tradisi tidak akan hilang dengan budaya asing karena tradisi merupakan jati diri bangsa. Namun seni harus dikembangkan serta dipertahankan, terlebih perlu ada regenerasi pegiatnya," kata Veeri.

Bahkan, ucap Veeri, jika mampu mengelolanya, perkembangan zaman dengan adanya digitalisasi kian mempermudah para pelaku seni untuk mengupdate referensi dan mudah berkreasi.

"Jadi seni, tradisi dan teknologi harus saling berdampingan. Itu yang harus ditekankan. Peranan orangtua juga sangat diperlukan untuk terus mendorong generasi muda mencintai tradisi dan kearifan lokal sehingga tidak akan pernah sirna," katanya.*

 

Baca : Upaya Agar Tari Jaipong Tidak Hilang dan Tetap Lestari

Berita Terkait