Trending
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Tanam Mangrove

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Tanam Mangrove

Senin, 08 Juli 2019 14:45 Eris Kuswara Komunitas



Koropak.co.id - Pusat Koordinasi Wilayah (PKW) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Wilayah IV Priangan Timur memperingati Hari Lingkungan Hidup dalam kegiatan Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mapala se-Jawa Barat yang digelar Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, selama 2 hari mulai, Sabtu (6/7/2019) hingga Minggu (7/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, turut digelar kegiatan camping, upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup, diskusi lingkungan, penanaman mangrove di Muara Cipatujah hingga pelepasan tukik di Suaka Margasatwa Sindangkerta, Kabupaten Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Tanam Mangrove (2)

 

Kepada Koropak, Senin (8/7/2019) Koordinator Pelaksana sekaligus Ketua PKW Mapala Wilayah IV Priangan Timur, Fendi Rizal mengatakan tujuan diadakannya PKD Mapala se-Jawa Barat adalah sebagai ajang pertemuan rutin sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Kegiatan ini juga sebagai langkah meminimalisasi dampak lingkungan yang diakibatkan runtuhnya jembatan di Desa Ciandum, dan juga Abrasi di Pantai Cipatujah.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar Mapala Se-Jawa Barat, dengan maksud untuk menyatukan tekad dalam memperhatikan masalah lingkungan dan mengetahui masalah lingkungan yang ada di daerah Jawa Barat, khususnya di daerah wilayah IV Priangan Timur," kata Fendi.

 

Koropak.co.id - Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Tanam Mangrove (1)

 

Baca : Marak Korban Jatuh ke Jurang, LJSK Gelar Simulasi Evakuasi

Ditambahkan Fendi, total peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai 87 orang dari 33 Mapala yang ada di Jawa Barat, serta 17 orang dari COBRA yang merupakan komunitas pecinta alam binaan Instansi Kehutanan.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa lebih meningkatkan kesadaran para pecinta alam, dinas-dinas yang berhubungan dengan lingkungan, dan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan," ucapnya.

Fendi menuturkan, rencana kedepannya PKW Mapala Wilayah IV Priangan Timur akan melakukan controling untuk melihat perkembangan dari pohon mangrove yang di tanam serta melakukan penanaman kembali di daerah lainnya khususnya di daerah Cipatujah agar dampak abrasi di Pantai Cipatujah bisa terminimalisasi.

"Kami juga akan menyosialisaisikan kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan, khususnya menjaga ekosistem tanaman mangrove bagi lingkungan pantai," ujarnya.*

 

Baca pula : Dies Natalies KPGBS Indonesia Sarat Makna