Trending
Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung

Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung

Jum'at, 12 Juli 2019 19:26 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Memory of Galunggung (MoG) yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 sekaligus mengenang 37 tahun meletusnya Gunung Galunggung, akan berlangsung selama 2 hari 2 malam di kawasan Geopark Galunggung, Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (12/7/2019) hingga Sabtu (13/7/2019).

Memory of Galunggung diawali dengan kegiatan Galunggung Camping (Glamping) yang digelar Jumat (12/7/2019) malam, dan dilanjutkan dengan segudang atraksi budaya seru, termasuk Gandrung Mulasara yang akan digelar Sabtu (13/7/2019) malam.

Perwakilan Panitia MoG 2019, Rizal mengatakan acara hari pertama masuk dalam lingkup kegiatan Glamping yang meliputi pertunjukan seni, Bushcraft, Histori Geologi Galunggung, Karinding Sekar Parintas, serta Ngaguar Budaya Tasik (Ngabatik) bersama para seniman dan budayawan Jawa Barat.

"Di antara seniman dan budayawan Jawa Barat, akan hadir Budi Dalton dan Man Jasad yang akan memperbincangkan budaya di masa modern dalam event ini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung (1)

 

Baca : Mad Dog Akan Ramaikan Memory of Galunggung

Untuk acara besok, ujar Rizal, akan digelar juga karnaval budaya, Istigosah Akbar, Padungdung di Puseur Galunggung dan Pelung Manggung, dan diakhiri dengan Simfoni Galunggung yang masuk dalam lingkup acara Gandrung Mulasara.

"Banyak yang akan dihadirkan dalam pelaksanaan Gandrung Mulasara besok, salah satunya atraksi pencak silat yang menghadirkan aktor ternama Yayan Ruhiyan. Aktor laga tersebut merupakan pelestari bela diri pencak silat sebagai kultur budaya yang harus dipelihara dan dilestarikan,” katanya.*

 

Baca : Memory of Galunggung, Memorabilia Ganasnya Letusan Galunggung

Berita Terkait