Trending
Memory of Galunggung, Merawat dengan Momentum Kebudayaan

Memory of Galunggung, Merawat dengan Momentum Kebudayaan

Sabtu, 13 Juli 2019 11:10 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Memory of Galunggung merupakan sebuah acara monumental yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 silam. Sementara di tahun 2019 ini, terdapat sebuah pola dan bentuk baru yang lebih menyentuh pada kebudayaan.

Demikian disampaikan salah seorang seniman dan budayawan Jawa Barat, Budi Dalton saat dijumpai Koropak, Jumat (12/7/2019) selepas acara Ngaguar Budaya Tasik (Ngabatik), dalam kegiatan Memory of Galunggung.

Dikatakan Budi, bentuk baru dalam sebuah event wisata budaya ini tentunya harus diperkaya lebih dalam lagi, serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah harus dioptimalkan lagi.

"Galunggung itu menjadi salah satu puseur yang selalu disebutkan di dalam amanat apapun dalam kebudayaan Sunda. Artinya, pada saat Galunggung sendiri kurang kita rawat dengan momentum-momentum kebudayaan, maka akan terlihat aneh, bahkan memudar" ujarnya.

 

 Koropak.co.id - Memory of Galunggung, Merawat dengan Momentum Kebudayaan (2)

 

Baca : Kenalkan Destinasi Wisata di Kabupaten Tasikmalaya ke Dunia

 

Tahun 2019 ini, kata Budi, diharapkan bisa menjadi salah satu tonggak sejarah agar ke depan melalui dukungan baik dari masyarakat, pemerintah, dan siapa saja yang konsen terhadap budaya semakin banyak lagi.

"Semoga dengan adanya momentum Galunggung ini kebudayaan di Nusantara bisa lebih mendunia lagi," katanya.

Budi juga menitipkan harapan besar di even Memory of Galunggung tersebut. Pasalnya, di tahun ini juga sudah melibatkan lebih dari 600 orang dan itu sudah memberikan dampak positif dan menjadi indikator yang sangat baik.

"Untuk itu, MoG tahun depan diharapkan bisa lebih besar lagi, khususnya dalam konten atau isinya yang akan ditampilkan nantinya tidak hanya sekedar pertunjukkan atau Guaran. Bisa saja nanti ada kuliner sunda, game sunda, dan yang lainnya yang masih berbau kebudayaan sunda. Semoga tahun depan MoG masih mendapat dukungan dari pemerintah setempat," ucapnya.*

 

 

Berita Terkait