Trending
Memory of Galunggung, Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur

Memory of Galunggung, Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur

Sabtu, 13 Juli 2019 11:59 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Memory of Galunggung (MoG) tahun 2019 ini, bakal berbeda dari MoG tahun-tahun sebelumnya yang digelar sekedar untuk memperingati meletusnya gunung Galunggung. Namun untuk tahun ini, ajaran-ajaran para leluhur yang ada di Galunggung bakal diguar sehingga masyarakat terilhami kembali untuk menjalani kehidupan dengan nilai-nilai luhur dan seharusnya.

Hal itu dikatakan salah seorang panitia kegiatan MoG, Ervan Kurniawan sekaligus penggiat pariwisata di sela-sela acara rangkaian MoG yang berlangsung di Geopark Galunggung objek wisata Cipanas Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Jumat (12/7/2019).

"Kita mengambil salah satu amanat dari naskah leluhur yakni Hana Huni Hana Mangke yang artinya tidak ada sekarang kalau tidak ada dahulu. Artinya kita harus menghargai ajaran-ajaran leluhur," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Memory of Galunggung, Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur (2)

 

Baca : Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung

 

Acara yang berlangsung selama dua hari khususnya Glamping, di hari pertama ini di dalamnya terdapat banyak kegiatan yang menyangkut kebudayaan dengan melibatkan hampir secara keseluruhannya dari warga lokal Desa Linggajati.

"MoG tahun ini memang lebih banyak menggali potensi-potensi yang ada di Desa Linggajati mulai dari kesenian, makanan dan banyak lagi yang lainnya," katanya.

Lebih lanjut Ervan menyebutkan, di even MoG ini juga ada diskusi bersama para tokoh seniman dan budayawan Jawa Barat yakni Budi Dalton dan Man Jasad tentang bagaimana pentingnya sebuah budaya yang ada di Tasikmalaya sebagai jati diri orang Sunda.

"Dalam hal ini, kita mengambil konteks mengangkat budaya dan seberapa besar partisipasi masyarakat terhadap budaya yang dikemas dalam MoG. Selama ini masyarakat Desa Linggajati tidak terlibat langsung dalam memperingati meletusnya Galunggung dan sekarang kita libatkan," ucapnya.*

 

Baca : Memory of Galunggung Merawat Dengan Momentum Kebudayaan

 

 

Berita Terkait