Trending
Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya

Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya

Sabtu, 13 Juli 2019 15:41 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Hari kedua pelaksanaan kegiatan Memory of Galunggung 2019 yang digelar di Kawasan Geopark Galunggung, Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019), memasuki fase inti di mana pentingnya peran masyarakat dalam merawat dan melestarikan kebudayaan yang ada di Galunggung sangat diharapkan, salah satunya melalui Karnaval Budaya.

Karnaval Budaya tersebut diikuti ratusan peserta yang merupakan warga dari setiap Kapunduhan yang ada di wilayah Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu dengan berbagai kebudayaan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta.

Kepada Koropak, Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga Asep Saeful Bachri menyampaikan bahwa Memory of Galunggung memiliki latar belakang tujuan untuk mengoptimalkan pengembangan promosi potensi wisata di Kabupaten Tasikmalaya.

 

 Koropak.co.id - Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya (1)

 

 

Baca : Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung

 

"Pengembangan promosi wisata bukan sekedar tugas dan tanggung jawab pemeritah daerah semata, akan tetapi merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat Tasikmalaya," katanya.

Ditambahkan Asep, warga Kabupaten Tasikmalaya diharap senantiasa berpartisipasi aktif memberikan kontribusi, khususnya di sektor pariwisata," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama, ucap Asep, bahwa Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya Ke-387 yang jatuh pada Juli 2019 ini, merupakan hari yang bersejarah bagi warga Tasikmalaya sebagai momentum untuk mengevaluasi diri terhadap apa yang sudah diberikan untuk Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya (2)

 

Baca : Memory of Galunggung Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur


"Seperti halnya gelaran Karnaval Budaya ini, yang menampilkan berbagai kreasi dari masyarakat setempat. Selain itu, ada pagelaran seni, lomba hias kampung, serta lomba tumpeng," katanya.

Kegiatan tersebut, kata Asep, tentunya merupakan sebagai salah satu bentuk kontribusi serta partisipasi masyarakat terhadap kemeriahan dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387.

"Diharapkan, kegiatan ini bisa lebih menggali dan meningkatkan lagi potensi kebudayaan karena masyarakat memiliki peran penting dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya," ucapnya.*

 

Baca pula : Memory of Galunggung, Merawat Dengan Momentum Kebudayaan

 

Berita Terkait