Trending
Yayan Ruhian Apresiasi Aksi Pencak Silat Warnai MoG 2019

Yayan Ruhian Apresiasi Aksi Pencak Silat Warnai MoG 2019

Senin, 15 Juli 2019 13:56 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Aktor laga Yayan Ruhian mengapresiasi gelaran Memory of Galunggung yang berlangsung di objek wisata Cipanas Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, Memory of Galunggung tidak hanya menjadi kegiatan untuk mengenang letusan Gunung Galunggung, namun menjadi sarana untuk melestarikan budaya asli Tasikmalaya. Termasuk di antaranya seni beladiri pencak silat yang saat ini go internasional.

"Semoga, ajang Memory of Galunggung di tahun berikutnya bisa lebih meriah lagi dan terus berkembang, khususnya dalam konten-konten kebudayaan yang ada di Indonesia," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Yayan Ruhian Apresiasi Aksi Pencak Silat  Warnai MoG 2019 (2)

 

Baca : Memory of Galunggung, Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur

 

Dalam ajang Memory of Galunggung, aktor yang dikenal dengan julukan "Mad Dog" ini menampilkan aksi pencak silat yang memukau warga Tasikmalaya, khususnya pengunjung event Memory of Galunggung.

"Pencak silat di Tasikmalaya patut dibanggakan. Dalam beberapa waktu terakhir, saya sering mendengar dari para pelatih baik di kancah nasional maupun sekelas internasional, bahwa Tasikmalaya menjadi kota lahirnya prestasi pencak silat, khususnya dari Manonjaya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Yayan Ruhian Apresiasi Aksi Pencak Silat  Warnai MoG 2019 (3)

 

Baca : Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya

Yayan yang juga praktisi pencak silat dan berjasa dalam mengangkat pencak silat ke kancah internasional ini berharap ke depan ada regenerasi pegiat pencak silat sehingga seni beladiri ini akan tetap lestari.

"Salah satunya dengan melestarikan, mencintai, dan mempelajari serta mengembangkan pencak silat oleh generasi muda karena pencak silat adalah budaya Indonesia. Semoga tidak hanya di tingkat Jawa Barat, tapi pencak silat dari Tasikmalaya bisa masuk ke tingkat nasional bahkan bisa mengibarkan merah putih di kancah internasional," ujarnya.*

 

Baca : Memory of Galunggung Merawat dengan Meomentum Kebudayaan

 

 

Berita Terkait