Trending
Ungkap Sejarah Sudimara, Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya

Ungkap Sejarah Sudimara, Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya

Kamis, 18 Juli 2019 09:49 Erni Nur'aeni Tradisi



"Mari saksikan berbagai atraksi budaya
dari Rumpun Teater di Lapangan Sudimara,
Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi
Kota Tasikmalaya, pada Sabtu (20/7/2019)
dan Minggu (21/7/2019) mendatang".

 

Koropak.co.id - Dalam mempersiapkan penampilannya di Kibar Budaya Jilid 5 pada Sabtu (20/7/2019) dan Minggu (21/7/2019), Rumpun Teater tidak hanya menyuguhkan satu kesenian saja namun akan menggelar beberapa atraksi budaya, mulai dari karnaval, komedi calung, festival literasi, lembur kreatif, kaulinan lembur, lomba nasi liwet, pameran alat tradisional dan lainnya.

Hal itu disampaikan Pembina Kegiatan, Tubagus Rahmat saat dijumpai Koropak di Lapangan Sudimara, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

"Ajang Kibar Budaya kami manfaatkan sebagai momentum untuk menampilkan potensi masyarakat Sudimara melalui beberapa sajian kearifan lokal kepada khalayak umum. Kita melibatkan seluruh warga karena kita ingin menampilkan seluruh potensi yang kita miliki melalui Kibar Budaya ini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Ungkap Sejarah Sudimara, Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya (2)

 

Baca : Kibar Budaya Jilid 5, Daya Ungkit Citra Pariwisata Kota Tasikmalaya

Persiapan yang dilakukan, kata Tubagus, baru mencapai 70 persen sebab yang diinginkan bukan hanya pementasan seni teater, namun juga "Ngaruat Lembur" seperti perlombaan mendongeng, melukis, dan beragam kegiatan lainnya yang melibatkan anak-anak serta remaja.

"Dalam Ngaruat Lembur, kita juga akan mengeksplor sejarah Kampung Sudimara melalui lomba naskah. Sedangkan pada kegiatan karnaval, kami menampilkan potensi akan religi dan kearifan lokal dari Kampung Sudimara. Untuk karnavalnya sendiri akan menempuh jalur ke Cigantang, dengan jarak mencapai 4 KM," katanya.

 

Koropak.co.id - Ungkap Sejarah Sudimara, Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya (3)


Baca : Kesenian Lintas Daerah Akan Warnai Kibar Budaya

Lomba naskah tersebut, kata Tubagus, untuk mengajarkan kapada masyarakat siapa saja tokoh yang telah mengajarkan kepada warga Sudimara tentang religi. Setelah acara Kibar Budaya ini selesai dan Sudimara menjadi salah satu daerah percontohan ia sangat terbuka dengan hal itu. Dan untuk kampung ini berharap menjadi sebuah magnet kedalam serta keluar sehingga warga menyadari keberadaanya bukan dari segi pola pikir namun juga segi tindakan.

"Ngaruat lembur ini bukan hanya milik orangtua, namun juga milik remaja kaum milenial Sudimara. Kita dorong mereka supaya punya rasa memiliki atas Kampung Sudimara ini. Tampilnya Sudimara di Kibar Budaya ini, menjadi magnet bagi para kaum muda untuk menampilkan kreativitas di bidang kesenian kebudayaan," katanya.*

 

Lihat video Budaya ini :

- Upaya Melestarikan Seni Budaya Sunda

- Festival Kendan Gali Potensi Budaya

- Seni Golok Kearifan Lokal Melegenda