Trending
Teater Sensasi, Kisah Sang Wayang Protes Terhadap Sang Dalang

Teater Sensasi, Kisah Sang Wayang Protes Terhadap Sang Dalang

Sabtu, 20 Juli 2019 21:30 Erni Nur'aeni Tradisi



Koropak.co.id - Rumpun teater Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) bersama Teater Sensasi akan menampilkan pagelaran teater dengan naskah bertajuk Dalang dan Wayang di Kampung Sudimara Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Minggu (21/7/2019).

Dikonfirmasi Koropak selepas Karnaval Budaya Kampung Sudimara, salah seorang koordinator rumpun Teater DKKT, Jabo Widianto mengatakan Teater Sensasi Kampung Sudimara sudah lama berkiprah dalam berbagai macam kegiatan kesenian, sehingga dengan adanya Kibar Budaya tersebut Rumpun Teater memberikan dukungan kepada Teater Seni dan mengembalikan seni kepada masyarakat.

"Kita akan mendukung semua kegiatan yang dilakukan Teater Sensasi yang akan melibatkan kreativitas segenap para pemuda Sudimara," katanya.

Dikatakan Jabo, DKKT juga mendukung agenda Teater Sensasi yang akan menampilkan naskah Wayang dan Dalang yang disutradarai oleh U Entos, penulis naskah oleh Cucu dan Kokop Sondari, musik oleh Maulana Milak, artistik oleh Ale Tato, lighting oleh Icun Ihsan. Serta didukung oleh para aktor yaitu Ai Ross, Alvi, Ayu Puji, Arum Sari, Momon.

 

Koropak.co.id - Teater Sensasi, Kisah Sang Wayang Protes Terhadap Sang Dalang (2)

 

Baca : Ungkap Sejarah Sudimara, Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya

 

"Tema dari pertunjukannya adalah Dalang dan Wayang yang menceritakan protes wayang kepada dalangnya. Jika diartikan dalam kehidupan, teater ini menampilkan bentuk protes rakyat untuk pemimpinnya. Namun ketika pemimpin tersebut disandera rakyat, maka rakyatnya sendiri kebingungan karena tidak memiliki seorang pemimpin," katanya.

Jadi, ucap Jabo, pesan dari cerita tersebut menerangkan bahwa rakyat dan pemimpin harus bekerjasama secara berkesinambungan mengisi tugas dan kewajibannya masing-masing.

"Kami berharap Teater Sensasi Kampung Sudimara dapat konsisten dalam berkreativitas karena potensi yang ada di Kampung Sudimara ini sangat besar, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Serta kebersamaan antar warganya pun sangat erat terasa," katanya.*

 

Baca : Usai Karnaval Budaya, Teater Dalang dan Wayang Tampil di Sudimara

Berita Terkait