Trending
Indah, Kebersamaan di Kampung Sudimara Dalam Balutan Kibar Budaya

Indah, Kebersamaan di Kampung Sudimara Dalam Balutan Kibar Budaya

Minggu, 21 Juli 2019 17:37 Erni Nur'aeni Tradisi


 

Koropak.co.id - Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya, Bode Riswandi menilai kegiatan Kibar Budaya Jilid 5 di Kampung Sudimara Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang digelar selama dua hari, mulai Sabtu (20/7/2019) dan Minggu (21/7/2019) menjadi sebuah sajian hiburan seni budaya yang sangat luar biasa.

Hal itu disampaikan Bode saat dijumpai Koropak di area acara Kibar Budaya Kampung Sudimara, Sabtu (20/7/2019) malam. Dikatakan Bode, hal istimewa dari pelaksanaan Kibar Budaya Kampung Kampung Sudimara adalah adanya keterlibatan segenap lapisan masyarakat Kampung Sudimara.

"Bukan hanya karena pelaksanaannya di outdoor saja, keistimewaan Kibar Budaya Kampung Sudimara adalah adanya keterlibatan segenap lapisan masyarakat Kampung Sudimara. Terbayang, bagaimana para pegiat Teater Sensasi dari Kampung Sudimara dalam mengkonsep kegiatan sehingga bisa melibatkan seluruh masyarakat, mulai orangtua, remaja dan anak-anak," katanya.

 

Koropak.co.id - Indah, Kebersamaan di Kampung Sudimara Dalam Balutan Kibar Budaya (2)

 

Baca : Ungkap Sejarah Sudimara Kibar Budaya Akan Dimeriahkan Atraksi Budaya

Bode juga bangga akan spirit dari Kibar Budaya di Kampung Sudimara yang mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat Kampung Sudimara.

"Ini sangat luar biasa. Masyarakat menyiapkannya dengan sangat baik. Memang jika melihat stimulan dari DKKT tidaklah besar, tidak akan mungkin bisa jadi sebesar ini. Tetapi dengan spirit kebersatuan masyarakat, Kibar Budaya di Kampung Sudimara ini menjadi suatu suguhan yang luar biasa," ucapnya.

Bode juga menilai di Kampung Sudimara jelas tergambar bahwa dengan kesenian, dapat melihat perekat masyarakat tanpa adanya sekat karena keterlibatan masyarakat dalam Kibar Budaya di Kampung Sudimara merupakan roh dari suksesnya acara tersebut.

 

Koropak.co.id - Indah, Kebersamaan di Kampung Sudimara Dalam Balutan Kibar Budaya (3)


Baca : Usai Karnaval Budaya Teater Dalang dan Dayang Tampil di Sudimara

Puncak Kibar Budaya Kampung Sudimara akan digelar Minggu (21/7/2019) malam, dengan menggelar pertunjukkan teater dari kelompok Teater Sensasi, yang akan menampilkan naskah bertajuk Wayang dan Dalang," katanya.

Pertunjukkan tersebut sebagai penyampai pesan akan kondisi yang sangat miris antara seorang dalang dan wayangnya. Pertunjukkan tersebut menggambarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat penting.

"Pertunjukkan teater Wayang dan Dalang ini memberikan ilmu besar dan tidak bisa dilupakan. Inti dari ceritanya, bahwa setiap manusia harus menghormati guru atau orangtua yang mengajarkan kehidupan," katanya.*


Baca : Teater Sensasi Kisah Sang Wayang Protes Terhadap Sang Dalang

 

 

Berita Terkait