Trending
Pertontonkan Wayang dan Dalang, Teater Sensasi Raih Apresiasi Masyarakat

Pertontonkan Wayang dan Dalang, Teater Sensasi Raih Apresiasi Masyarakat

Senin, 22 Juli 2019 00:34 Muhamad Rihan Mice



Koropak.co.id - Masyarakat Kampung Sudimara terhibur dengan adanya pertunjukkan teater dengan naskah Wayang dan Dalang yang ditampilkan Teater Sensasi dalam gelaran Kibar Budaya Jilid 5 yang digelar di Lapangan Sudimara, Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (21/7/2019).

Hal itu nampak dari atensi masyarakat yang begitu luar biasa dalam penampilan Teater Sensasi. Semakin meriah dengan efek gemerlap lampu yang menambah kesan syahdu dalam setiap gerak-gerik penampil. Pertunjukkan memukau tersebut tak ayal membuat masyarakat rela duduk lesehan membawa tikar masing-masing.

 

Koropak.co.id - Pertontonkan Wayang dan Dalang, Teater Sensasi Raih Apresiasi Masyarakat (2)

 

Baca : Teater Sensasi Kisah Sang Wayang Protes Terhadap Sang Dalang

Pemandangan tersebut seolah memberikan gambaran masa lampau saat masyarakat berkumpul di lapangan dan ramai-ramai menyaksikan hiburan rakyat.

Pertunjukkan teater dengan naskah Wayang dan Dalang merupakan persembahan Teater Sensasi yang menceritakan kisah protes seorang wayang kepada dalangnya. Situasi kian memanas tatkala dalang disandera wayang, dan wayang kebingungan karena tidak memiliki pemimpin.

Naskah tersebut memberikan gambaran bahwa dalam kehidupan manusia, meskipun ada ktidaksejalanan dengan prinsip masing-masing, namun tetap dibutuhkan seorang pemimpin yang menakhodai masyarakat.

 

Koropak.co.id - Pertontonkan Wayang dan Dalang, Teater Sensasi Raih Apresiasi Masyarakat (3)

 

Baca : Usai Karnaval Budaya, Teater Dalang dan Wayang Tampil di Sudimara

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya, Bode Riswandi menilai kegiatan Kibar Budaya Jilid 5 di Kampung Sudimara Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang digelar selama dua hari, mulai Sabtu (20/7/2019) dan berpuncak Minggu (21/7/2019) menjadi sebuah sajian hiburan seni budaya yang sangat luar biasa.

"Terutama dalam pertunjukkan teater yang membawakan naskah Wayang dan Dalang. Pertunjukkan tersebut sebagai penyampaian pesan akan kondisi yang sangat miris antara seorang dalang dan wayangnya. Pertunjukkan tersebut menggambarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat penting," katanya.

Pertunjukkan teater Wayang dan Dalang ini, kata Bode, memberikan ilmu besar dan tidak bisa dilupakan. Inti dari ceritanya, bahwa setiap manusia harus menghormati guru atau orangtua yang mengajarkan kehidupan.*

 

Baca : Indah Kebersamaan di Kampung Sudimara Dalam Balutan Kibar Budaya

Lihat : Kota Tasikmalaya, Saksi Dedikasi Putu Wijaya

 

Berita Terkait