Trending
Doel Sumbang Siap Bernostalgia di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya

Doel Sumbang Siap Bernostalgia di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya

Sabtu, 27 Juli 2019 17:20 Wanda Kurnia Mice



Koropak.co.id - Doel Sumbang, seniman mumpuni dalam ranah musik tanah air, yang terkenal dengan lagu-lagunya, baik yang berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Sunda. Doel Sumbang muncul di dalam kancah musik Indonesia sekitar tahun 1980-an.

Lahir di Bandung, 16 Mei 1963, pemilik nama lengkap Wahyu Affandi ini lahir dan dibesarkan dalam keluarga santri yang agamis. Ia mulai bersentuhan dengan dunia seni musik dan teater saat bangku SMP. Julukan "Doel" pun ia dapat saat menimba ilmu pada sastrawan nyentrik Remy Sylado.

Doel mulai menuangkan imajinasinya menjadi lirik-lirik lagu yang sarat akan kritik sosial, dengan syair-syair yang sederhana dan merakyat. Doel berhasil mengorbit di kancah musik Tanah Air sekitar tahun 1980-an yang diproduseri oleh Handoko Kusumo. Bahkan, sang produser menyematkan nama "Sumbang" yang dimaknai sebagai suara kritik terhadap sistem sosial maupun budaya yang terjadi kala itu.

Doel Sumbang bukanlah musisi yang anti lagu cinta. Doel pun bisa menyajikan lirik lagu cinta namun tetap dengan warna musiknya. Doel mampu memberikan nuansa romantis namun tidak cengeng di setiap lagunya.

Nama Doel Sumbang sempat tenggelam pada pertengahan tahun 2000-an. Meski demikian bukan berarti Doel Sumbang sama sekali meninggalkan dunia musik, sebab ia masih menggarap lagu lagu lama miliknya.

 

Koropak.co.id - Doel Sumbang Siap Bernostalgia di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya (2)

 

Baca : Evi Tamala Pulang Kampung, Warnai Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya

 

Hari ini, Sabtu (27/7/2019), Doel Sumbang akan hadir di acara Tasik Motekar 2019. Doel Sumbang akan membawakan lagu-lagu andalannya dalam acara yang digelar sebagai rangkaian Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya.

Selain Doel Sumbang, akan tampil band Brader Jon, serta suguhan seni budaya tradisional, yakni Seni Lais Tradisional, Angklung Sered dari Lingkung Seni Tunggal Jaya, helaran musik kontemporer Ramak Kentrung Egrank dari Ringkang Art.*

 

Baca : Bintang Kehidupan, Charly Featuring Bupati Ade di Tasik Motekar 2019

 

 

Berita Terkait