Trending
Kemping Karinding Se-Jawa Barat Momentum Diskusi Bumi Terkini

Kemping Karinding Se-Jawa Barat Momentum Diskusi Bumi Terkini

Sabtu, 27 Juli 2019 23:50 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Penggiat Karinding se-Jawa Barat siap menggelar kegiatan Kemping Karinding ke-6 yang akan digelar di Alam Santosa Ekowisata dan Budaya Pasir Impun Atas Nomor 5A Bandung Jawa Barat selama 2 hari berturut mulai 3 Agustus hingga 4 Agustus 2019 mendatang.

Dengan mengusung tema "Selaras bersama semesta diantara jejak patahan Lembang dan Danau Purba", Kemping Karinding merupakan agenda silaturahmi rutin tahunan Penggiat Karinding se-Jawa Barat yang di kemas kedalam sebuah camping budaya.

Kemping Karinding bermula dari sebuah pemikiran yang sama tentang perlunya sebuah suasana untuk mempererat tali silaturahmi para penggiat karinding dalam suasana yang berbeda, yaitu dengan melaksanakan silaturahmi di alam terbuka. Oleh karena itu, tidak bisa dimungkiri karinding sangat erat kaitannya dengan konsep tatanan kehidupan, alam dan gunung.

 

Koropak.co.id - Kemping Karinding Se-Jawa Barat Momentum Diskusi Bumi Terkini (2)

 

Baca : Ngaguar Budaya Tasikmalaya di Memory of Galunggung

Seiring berjalan dengan waktu, Kemping Karinding yang semulanya hanya diikuti oleh para penggiat karinding, kini turut diikuti oleh berbagai komunitas lain di luar karinding mulai dari komunitas pecinta alam, budaya, pelajar, mahasiswa, komunitas motor dan dan masyarakat umum.

Perwakilan Pejuang Kemping Karinding, Arif Lesmana atau dikenal Arif Awi Pipir menuturkan Kemping Karinding kali ini merupakan kali keenam digelar. Sejak awal, komunitas Karinding berkomitmen untuk menggelar event tersebut secara swadaya atau udunan.

"Oleh sebab itu, di Kemping Karinding tidak ada yang namanya panitia. Kita semua berjuang bersama. Makanya kita menamai diri sebagai pejuang," ucapnya.

Adapun tujuan utama Kemping Karinding tidak sekedar menonjolkan tontonan, tapi mengedepankan tuntunan bagaimana manusia bertadabur terhadap alam.

"Kita bangun sebuah momentum untuk membahas mengenai hutan, alam, dinamika kesundaan, hingga nasionalisme. Outputnya, selain untuk mengenalkan karinding, juga diharapkan para komunitas karinding bisa membangun perencanaan ke depan," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Kemping Karinding Se-Jawa Barat Momentum Diskusi Bumi Terkini (3)

 

Baca : Alat Musik Tradisional Sunda Wajib Dilestarikan

Dijelaskan Arif, di setiap tahun ada pembahasan khusus yang dikupas di Kemping Karinding, seperti tahun kemarin membahas Citarum, merumuskan bagaimana membuat masyarakat sadar dan mencintai Citarum.

"Dalam event kali ini, kita membahas Danau Purba dan Patahan Lembang yang ada di Kota Bandung. Tujuannya mengenalkan bahwa di Bandung pernah ada danau purba. Serta mengenalkan masih ada patahan yang aktif," katanya.

Untuk tahun ini, tercatat sudah hampir 500 peserta yang mendaftarkan diri dan kemungkinan bertambah karena antuasiasme peserta dalam mengikuti kegiatan sangat besar.

Diharapkan dengan adanya Kemping Karinding ini, akan mampu menghasilkan efek positif bagi bangsa dan negara dengan menghasilkan banyak generasi muda yang peduli akan alam, budaya, tradisi dan nasionalisme. Diharapkan pula bisa memberikan energi positif yang bisa di tiru oleh komunitas lainnya.*

 

Lihat : Galuh Nangtung Ajeg Ti Bihari Ka Kiwari