Trending
Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Hadirkan 6 Etnis di Kibar Budaya 2019

Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Hadirkan 6 Etnis di Kibar Budaya 2019

Sabtu, 10 Agustus 2019 14:44 Erni Nur'aeni Mice


 

 

Koropak.co.id - Ada hal menarik dalam Kibar Budaya Jilid 5 yang digelar Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT). Melalui rumpun Pertunjukkan Rakyat, akan ditampilkan "Gelaran Seni Budaya Etnis" yang memberikan ruang bagi 6 etnis dari 16 etnis yang ada di Kota Tasikmalaya, untuk unjuk gigi menampilkan kesenian khas masing-masing etnis di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, pada Sabtu (24/8/2019) mendatang.

Ditemui Koropak, Jumat (9/8/2019) Wakil Ketua DKKT sekaligus Penanggung Jawab Kibar Budaya Jilid 5, Hendra J Rustandi mengatakan, ketua rumpun bersama anggota pertunjukkan rakyat telah mempersiapkan konsep acara yang melibatkan para etnis di Kota Tasikmalaya.

"Di Kota Tasikmalaya ini kurang lebih ada 16 etnis. Mereka akan melaksanakan pemantapan untuk persiapannya," ujarnya.

Tampilnya seni budaya lintas etnis, kata Hendra, sebagai bukti bahwa bicara soal seni budaya tidak hanya tentang kearifan lokal Kota Tasikmalaya saja, namun juga turut merangkul seni budaya etnis sebagai wujud keberagaman Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

 

 

Koropak.co.id - Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Hadirkan 6 Etnis di Kibar Budaya 2019 (2)

 

Baca : Tidak hanya Modelling, Di Kibar Budaya 2019 Banyak Bakat Terpendam Dapat Terekspos

"Ada 6 etnis yang akan menjadi pengisi pagelaran lintas etnis, yakni Minang, Palembang, Jawa, Madura, Tiong Hoa dan Sunda. Mari jadikan pagelaran ini sebagai miniatur Nusantara melalui pertunjukkan seni budaya daerah masing-masing," ujar Hendra.

Hendra berharap melalui seni budaya lintas etnis ini, dapat menjalin silaturahmi dan mempertahankan keutuhan NKRI.*

 

Baca pula : Bakat Para Penyandang Disabilitas Tergali di Kibar Budaya

 

Berita Terkait