Trending
Aktivis dan Relawan Lingkungan Gelar Geber Suci Jilid 2

Aktivis dan Relawan Lingkungan Gelar Geber Suci Jilid 2

Selasa, 13 Agustus 2019 02:05 Dede Hadiyana Komunitas


 

Koropak.co.id - Guna mendapatkan solusi terbaik terhadap permasalahan sampah yang menumpuk di Sungai Citanduy, para aktivis dan relawan peduli lingkungan menggelar kembali Gerakan Bersih-bersih Sungai Citanduy (Geber Suci) Jilid 2 yang berlangsung di Kampung Godebag Desa Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, (10/8/2019).

Kegiatan yang diikuti sekitar 115 orang dari seruruh aktivis lingkungan yang ada di Tasik Utara, Ciamis, dan Kota Tasikmalaya merupakan kepedulian terhadap sungai Citanduy serta menjadi penggebrak terhadap masalah limbah sampah yang di buang ke Citanduy. Tampak hadir pula perwakilan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Tasikmalaya yang berkaitan dengan lingkungan termasuk para tokoh masyarakat Desa Tanjungkerta.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (12/8/2019), Ketua Panitia Rd. Darul Fadli menuturkan, Geber Suci Jilid 2 merupakan ajang silaturahmi para aktivis lingkungan yang diaktualisasikan dengan bersama-sama membersihkan sungai Citanduy dari sampah yang sulit diurai.

"Alhamdulillah, antusias para peserta yang terjun dengan pemungutan sampah plastik khususnya yang sulit terurai di bantaran sungai Citanduy hampir 3 kali lipat dari Geber Suci Jilid 1," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Aktivis dan Relawan Lingkungan Gelar Geber Suci Jilid 2 (3)

 

Baca : Spirit Geber Suci Menggema Di Hari Sumpah Pemuda

Dikatakan Darul, dengan adanya Geber Suci ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran aktivis lingkungan, dan masyarakat untuk lebih perhatian terhadap lingkungan khususnya kebersihan sungai .

"Semoga sungai yang ada di Tasikmalaya bisa selalu bersih serta lebih mempererat lagi tali persaudaraan dan tali silaturahmi sesama aktivis lingkungan," katanya.

Ditambahkan Darul, rencana ke depan akan melakukan kontroling untuk melihat perkembangan terhadap penumpukan sampah di bantaran sungai Citanduy dan melakukan gerakan bersih sungai Citanduy kembali.

"Selain itu, mensosialisaisikan kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya kebersihan sungai Citanduy karena air merupakan sebagian dari sumber kehidupam manusia di lingkungan pantai. Dari yang diketahui aktivis lingkungan, masih banyak masyarakat yang belum paham akan manfaat dan fungsi dari sungai sebagai sumber kehidupan," ucapnya.*

 

Baca pula : Kodim0613/Ciamis Partipasi Bersihkan Sungai

 

Berita Terkait