Trending
Hasil Kreativitas Warga Jadi Pesona Karya Khas Tasikmalaya

Hasil Kreativitas Warga Jadi Pesona Karya Khas Tasikmalaya

Jum'at, 23 Agustus 2019 14:02 Bella Pramudita belanja



Koropak.co.id - Jika berkunjung ke Tasikmalaya, baik kota maupun kabupaten, tentunya akan lebih lengkap jika membawa oleh-oleh khas dari Tasikmalaya yang merupakan hasil kerajinan tangan dari masyarakat Tasikmalaya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Terdapat beberapa hasil kerajinan tangan dari para pengrajin yang menjadi ciri khas Tasikmalaya dan berikut yang telah di rangkum Koropak.

1. Anyaman Rajapolah
Rajapolah adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Utara Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal dengan aneka anyaman tradisionalnya yang berbahan baku eceng gondok, bambu dan mendong. Dapat dilihat disepanjang jalan raya Rajapolah berderet berbagai toko yang menjual kerajinan anyaman dari bahan baku tersebut seperti tikar mendong, tempat tisu, sapu, hiasan dinding dan lainnya. Daerah Rajapolah sendiri terkenal memiliki relief perbukitan yang banyak terdapat bambu dan bahan budidaya lainnya yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan.

 

Koropak.co.id - Hasil Kreativitas Warga Jadi Pesona Karya Khas Tasikmalaya (2)

2. Kelom Geulis
Kelom Geulis merupakan kerajinan alas kaki yang terbuat dari bahan dasar kayu mahoni, damar dan albasia. Sentra pangrajin Kelom Geulis terletak di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Kelom Geulis sendiri pada dasarnya adalah sandal yang terbuat dari kayu dan diukir yang kemuadian diberi motif-motif tertentu. Motif yang sering dijumpai dalam kelom geulis antara lain motif bunga dan batik.


3. Batik Tasik
Selain Solo dan Pekalongan, Tasikmalaya juga memiliki sentra kerajinan batik yang tidak kalah dengan batik lainnya. Batik Tasik ini terdapat dua jenis yakni batik tulis dan tulis cap. Motif Batik Tasik ini adalah motif khas Pringan seperti bunga dan tumbuhan dan untuk menjumpai sentra Batik Tasik, kalian bisa berkunjung ke wilayah Kecamatan Cigeureung Kota Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Hasil Kreativitas Warga Jadi Pesona Karya Khas Tasikmalaya (3)

 

Baca : Dorong Kesejahteraan, Kembangkan Potensi Kerajinan Kota Tasikmalaya

 

4. Bordir Tasik
Salah satu produk kebanggan Tasik lainnya yakni bordir tasik. Bordir sebenarnya berasal dari negara China, akan tetapi dengan kreatifitas mojang-mojang Tasikmalaya, seni bordir ini menjadi berkembang dan memiliki ciri khas tersendiri di Tasikmalaya. Sentra bordir terbesar di Tasikmalaya berada di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya dan terus menyebar hingga Sukaraja dan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Produk yang dihasilkan beraneka ragam mulai dari mukena, baju koko, kerudung dan banyak lagi yang lainnya.

 

5. Payung Geulis
Payung Geulis merupakan ikon Tasikmalaya dan telah dibuat sejak zaman dahulu kala. Payung Geulis ini terbuat dari batang kayu dan bambu halus kemudian penutupnya adalah kertas yang dihias oleh para pengrajinnya. Sentra kerajinan payung geulis terdapat di Kecamatan Indihiang, akan tetapi sangat disayangkan, di era moderanisasi saat ini payung geulis tenggelam dan kalah saing oleh produk-produk luar. Penggunaan kerajinan payung geulis pada saat ini sering dilihat hanya saat upacara adat.*

 

Baca : Dewan Ajak Masyarakat Jadikan Kemerdekaan Tonggak Kesejahteraan