Trending
Sadrah Ajarkan Manusia Untuk Pasrah Kepada Sang Pencipta

Sadrah Ajarkan Manusia Untuk Pasrah Kepada Sang Pencipta

Jum'at, 23 Agustus 2019 20:57 Erni Nur'aeni Mice


 

Koropak.co. id - Naskah Sadrah pernah dibawakan saat Festival Drama Bahasa Sunda (FDBS) di Bandung pada 2010 dan Teater Dongkrak mementaskannya kembali di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Kamis (22/8/2019).

Kepada Koropak, pemeran Sadrah tua, Andar Trismana mengatakan dengan waktu penampilan yang cukup singkat, nampak tidak ada kesulitan dalam memainkan naskah Sadrah. Namun beberapa kesulitan dalam memerankan karakter Sadrah tersebut terletak pada penghayatan karakternya, karena tokoh ini penderita bronkhitis akut sehingga cukup sulit dalam menjiwai karakternya.

"Saya sebagai aktor mengakui kelemahan tersebut dan yang saya tahunya hanya TBC sehingga hanya menampilkan kesan batuk-batuk saja, padahal mungkin bronkhitis ada reaksi lain seperti napas terengah-engah karena penyakitnya. Itu kegagalan saya, ke depan saya harus melihat orang-orang yang mengidap bronkhitis agar dapat lebih menjiwai karakter," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Sadrah Ajarkan Manusia Untuk Pasrah Kepada Sang Pencipta (2)

 

Baca : Teater Dongkrak Sukses Pentaskan Naskah Sadrah

 

Naskah Sadrah ini, kata Andar, dapat dikaitkan dengan profesi lain, tidak hanya pada petugas sampah saja.

"Kisah seperti Mang Sadrah yang diberhentikan oleh pemerintah karena sudah tua tanpa pesangon layak, menjadi cerminan ketidakadilan atas jalan hidupnya. Di sisi lain, dengan memberhentikan Sadrah dari pekerjaan, sama dengan membunuhnya secara tidak langsung karena secara tidak langsung, Sadrah tidak memiliki penghasilan yang dibutuhkannya untuk pengobatannya," katanya.

 

Baca pula : Sadrah, Kisah Pria Tua Terbuang dan Pasrah Akan Keadaan

 

Berita Terkait