Trending
Miniatur Budaya Etnis Indonesia Hadir di Kibar Budaya 2019

Miniatur Budaya Etnis Indonesia Hadir di Kibar Budaya 2019

Senin, 26 Agustus 2019 15:37 Eris Kuswara Mice



Koropak.co.id - Kibar Budaya Jilid 5 yang digelar Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya dengan menampilkan Rumpun Pertunjukan Rakyat di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (24/8/2019) malam berlangsung meriah. Mengusung tema "Gelaran Seni Budaya Etnis" sebanyak 6 dari 16 etnis di Kota Tasikmalaya menampilkan berbagai kesenian khasnya.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (26/8/2019) Wakil Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya sekaligus Penanggung Jawab Kibar Budaya Jilid 5, Hendra J Rustandi mengatakan 6 etnis yang tampil dalam pertunjukan rakyat terdiri atas etnis Madura, Jawa, Palembang, Padang, Tionghoa, dan Sunda.

"Ke depan, Dewan Kesenian akan berbicara dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya agar seluruh etnis yang ada di Kota Tasikmalaya bisa tampil bersama dalam 1 panggung," kata Hendra.

 

Koropak.co.id - Miniatur Budaya Etnis Indonesia Hadir di Kibar Budaya 2019 (3)

 

Baca : Jalin Persaudaraan Melalui Pertunjukan Budaya Etnis Nusantara

Ditambahkan Hendra, melalui suguhan budaya lintas etnis tersebut mendorong masyarakat untuk lebih mengenal dan mengetahui keberadaan etnis di Kota Tasikmalaya. Masyarakat juga diharap mengenal keberagaman budaya dari masing-masing etnis.

"Keberagaman etnis di Kota Tasikmalaya diterima dengan baik oleh masyarakat. Bahkan di Kota Tasikmalaya, etnis-etnis tersebut tergabung dalam organisasi Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK). Nah, dari sisi seni budayanya, Dewan Kesenian mencoba merangkul etnis-etnis tersebut, dan memberikannya ruang untuk bisa menampilkan budayanya masing-masing," katanya.

Dikatakan Hendra, pertunjukan rakyat yang digelar Dewan Kesenian tidak membatasi penampil pertunjukan seni budaya dan tradisi sunda saja, melainkan juga seni itu luas dan tidak tersekat dengan teritorial. Oleh karena itu pertunjukan rakyat ini merangkul para etnis tersebut," ujarnya.*

 

Baca : Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Hadirkan 6 Etnis di Kibar Budaya 2019

 

Berita Terkait