Trending
Kabupaten Ciamis Siap Tawarkan Destinasi Wisata Baru

Kabupaten Ciamis Siap Tawarkan Destinasi Wisata Baru

Sabtu, 31 Agustus 2019 18:06 Hazna Fairuz destinasi


 

 

Koropak.co.id - Kabupaten Ciamis memiliki destinasi wisata yang masih "perawan" yang berlokasi di Gunung Geger Sunten Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Destinasi tersebut berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Kabupaten Ciamis yang menawarkan keindahan panorama alam dan situs kerajaan Galuh. Di gunung inilah, bermula kisah Pangeran Ciung Wanara yang berjuang untuk merebut tahta Kerajaan Galuh Karangkamulyan.

Situs yang berada di Gunung Geger Sunten ini juga masih terawat dengan baik. Akan tetapi, belum dipoles menjadi destinasi wisata yang milenial. Padahal, potensi yang ada dilokasi tersebut sangat mendukung untuk dikembangkan menjadi wisata budaya berkelas dunia.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (31/8/2019) Administratur Perhutani KPH Ciamis Agus Mashudi menuturkan kolaborasi konservatif budaya dan wisata harian membutuhkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat.

"Destinasi Gunung Geger Sunten bisa menjadi kolaborasi yang apik antara budaya dan wisata. Selain dapat menjadi obyek wisata, masyarakat diharapkan mendapat wawasan mengenai sejarah kebudayaan," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Kabupaten Ciamis Siap Tawarkan Destinasi Wisata Baru (3)

 

Baca : Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia

 

Sebelum melaksanakan operasional destinasi Geger Sunten, kata Agus, persiapan yang sudah dilakukan adalah menjalinkerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk mengemas lokasi sebagai wisata budaya. Disamping itu, sampai saat ini juga masih dilakukan penataan obyek wisata agar lebih layak lagi untuk masyarakat luas.

"Dengan adanya acara tradisi Bentang Boeh Larang ini, bisa sekaligus juga sebagai ajang pengenalan destinasi wisata baru kepada masyarakat luas," katanya.

Dikatakan Agus, Pemkab Ciamis pun mengapresiasi positif, bahkan sudah disampaikan juga kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ciamis terkait rencana pengembangannya.

"Diharapkan, hal ini bisa menjadi kolaborasi yang antara dua sisi baik dari wisata maupun situs budayanya termasuk membantu dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat dan terjaganya kawasan hutan," katanya.*

 

Baca pula : Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh