Trending
Ribuan Warga Ciamis Lantangkan Tauhid di Malam Tahun Baru Hijriah

Ribuan Warga Ciamis Lantangkan Tauhid di Malam Tahun Baru Hijriah

Minggu, 01 September 2019 13:45 Clara Aditia Tradisi


 

Koropak.co.id - Ribuan warga Kabupaten Ciamis Jawa Barat, turun ke jalan melantangkan kalimat-kalimat tauhid. Sambil membawa obor yang terbuat dari bambu, para warga dari berbagai kampung mengikuti pawai obor guna menyemarakkan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, yang digelar pada Sabtu (31/8/2019) malam.

Pawai obor sudah menjadi tradisi bagi warga Kabupaten Ciamis dalam setiap menyambut Tahun Baru Hijriah. Bahkan, para warga sudah menanti-nanti momentum Tahun Baru Hijriah demi bersama-sama melaksanakan pawai obor.

Tua muda, laki-laki perempuan, bahkan anak-anak ikut serta melaksanakan pawai obor. Bahkan tidak jarang sebagian dari mereka mengenakan kostum-kostum unik.


Baca : Tepat 1 Muharram Ponpes Miftahul Huda Gelar Wisuda

Para peserta pawai biasanya berkeliling menyusuri jalan protokol, melalui Alun-Alun Ciamis, dan kembali ke kampung masing-masing. Tidak sedikit pula masyarakat yang rela jauh-jauh datang dari kampung untuk mengikuti pawai obor yang terkonsentrasikan di Alun-Alun Ciamis. Mereka rela menumpangi kendaraan bak terbuka, sembari menikmati perjalanan sembari melantunkan kalimat-kalimat tauhid.

Tidak sedikit pula rombongan pawai yang membawa bedug, dan menabuhnya di sepanjang rute pawai. Pawai obor ini juga turut menyedot atensi masyarakat sehingga para warga keluar rumah menyaksikan pawai obor. Inilah tradisi Tahun Baru Hijriah di Ciamis, bagaimana tradisi di kota kalian?.*

 

Baca : Kabupaten Ciamis Siap- Tawarkan Destinasi Wisata Baru

 

Berita Terkait