Trending
Di Pameran Seni Rupa, Limbah Disulap Menjadi Bernilai Seni

Di Pameran Seni Rupa, Limbah Disulap Menjadi Bernilai Seni

Sabtu, 07 September 2019 00:01 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Sampah menjadi salah satu permasalahan yang tidak kunjung selesai. Bahkan sampah bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat. Namun di tangan para seniman perupa, limbah-limbah tersebut disulap menjadi suatu karya seni menarik.

Dalam Pameran Seni Rupa bertajuk "Eskplorasi Media 2" yang digelar di Hotel Mangkubumi Jalan A.H Nasution Kota Tasikmalaya, jawa Barat, 22 seniman dari Tasikmalaya, Garut serta daerah lainnya memajangkan karya seni rupa dari berbagai jenis limbah.

Dikonfirmasi Jumat (6/9/2019) Ketua Management Pinggiran of Tasikmalaya Painting Community sekaligus Ketua penyelenggara Afrudin Achmad mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan hingga 12 September 2019.

"Pameran ini terbuka untuk umum, dan banyak sekali karya seni rupa dari limbah seperti bekas elektronik, cangkang telur, batu, koran dan lainnya," katanya.

 

Koropak.co.id - Di Pameran Seni Rupa, Limbah Disulap Menjadi Bernilai Seni (2)

 

Baca : Afrudin Achmad, Dari Hobi Menjadi Profesi

Seni Rupa yang dipajang, kata Afrudin, mencapai 55 karya dalam bentuk 2 dimensi, 3 dimensi, kriya, patung, atau penggabungan beberapa unsur menjadi satu yang menghasilkan 2 dimensi dan teknik Mixed Media.

"Kita ingin mencoba agar seniman tidak hanya menggunakan media kanvas atau lainnya, kita coba menggunakan media lain seperti limbah ini menjadi suatu karya seni yang unik," katanya.

Afrudin berharap dengan adanya pameran tersebut masyarakat tidak hanya mengapresiasi karya-karya para seniman, namun dapat mengikuti jejak sebagai bentuk pengurangan sampah.

"Meskipun tidak banyak namun setidakanya limbah-limbah ini dapat di manfaatkan sebagai karya seni yang bernilai serta mengurangi dampak dari limbah tersebut," katanya*

 

Baca pula : Wood Cutting, Seni Tertua Asal Eropa