Trending
Paguron Pendekar Sinar Banten Pecahkan Rekor Indonesia

Paguron Pendekar Sinar Banten Pecahkan Rekor Indonesia

Senin, 23 September 2019 22:13 Clara Aditia Tradisi



Koropak.co.id - Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten berhasil memecahkan Rekor Indonesia yang diabadikan Original Rekor Indonesia (ORI) dalam kegiatan Milangkala ke-50 Paguron asuhan H. Apih Aju Gojali yang digelar di Dome Bale Rame Sabilulungan Pemkab Bandung, Senin (23/9/2019).

Rekor yang berhasil dipecahkan yakni menarik mobil dengan kulit punggung melalui media kawat yang merupakan kali pertama ada di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung H. Dadang M Nasser menyampaikan apresiasi atas milangkala ke-50 yang merupakan tahun emas bagi Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten.

"Selamat kepada Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten. Jelas, usia 50 menjadi sebuah renungan atas eksistensi paguron yang tetap jaya di usia 50 tahun. Kami bangga selama ini para pendekar di Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten senantiasa berlatih dan menyeleraskan etika serta estetika meskipun memiliki ilmu tinggi," katanya.

 

Koropak.co.id - Paguron Pendekar Sinar Banten Pecahkan Rekor Indonesia (2)

 

Baca : Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai

 

Di kondisi saat ini, ucap Bupati, masyarakat perlu tumbuh dan berdaya saing. Termasuk para pegiat budaya yang harus mampu menunjukan bagaimana upaya memelihara warisan leluhur yang diabadikan dalam seni ilmu beladiri seperti halnya yang diajarkan di Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten.

"Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten merupakan aset budaya bangsa yang harus dipupuk. Kami bangga, kami berharap Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten semakin profesional, rapih dan teruji demi kepentingan Nusa dan Bangsa," tuturnya.

Bupati juga mengingatkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung untuk dapat menampilkan atraksi Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten dalam setiap kesempatan. Termasuk saat ada tamu dari negara asing seperti tamu dari Korea yang tempo hari memberikan bantuan perangkat teknologi air siap minum yang dipasang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung. Dalam kesempatan tersebut, Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten ditampilkan dan atraksinya berhasil memukau tamu dari Korea.

"Tinggal dikemas lebih baik lagi, misalnya dibuat alur cerita sehingga tampilan atraksi dapat jadi industri tontonan dan tuntunan apresiatif bagi masyarakat," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Paguron Pendekar Sinar Banten Pecahkan Rekor Indonesia (3)

 

Baca pula : Festival Nuras Mandala Kendan Sukses

 

Bupati juga mengajak masyarakat, serta para pendekar dari Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten untuk dapat bersama bertarung melawan kebodohan dan kemalasan, demi meraih perekonomian yang lebih baik.

"Investasi di Kabupaten Bandung terus meningkat hingga mampu tembus Rp 16 trilyun. Kami harapkan para pendekar Paguron Beladiri Pencaksilat dan Debus Pendekar Sinar Banten dapat mengambil peranan untuk ikut serta meningkatkan perekonomian sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat, khususnya anggota paguron," ucap Bupati.*

 

Lihat : Festival Kendala Gali Potensi Seni Budaya